Monday, October 2, 2017

Kelas Public Speaking Bersama Muchlis Anwar



Hari Sabtu kemarin, saya mengikuti Kelas Publik Speaking yang diadakan gratis oleh sang master, Pa Muchlis Anwar. Lokasi acara yang bertempat di Communicasting Academy, Pondok Indah ini, lumayan jauh dari Serpong, tapi tetap saya tempuh dengan menggunakan motor.

Dini harinya, saya ngantuk sekali. Efek kelelahan setelah playdate Eza ke Tanjung Priuk, rasanya saya ingin bermanja manja di kasur. Tapi godaan setan ini berhasil saya kalahkan, karena dibantu oleh Eza yang menangis karena ingin pipis. Akhirnya saya bangun karena tak mau menyia-nyiakan pertolongan Allah yang sudah membangunkan saya. Saya pun shalat shubuh berjamaah di masjid, walaupun hari libur, rejeki berdekatan dengan masjid yang selama 5 waktu mengadakan shalat berjamaah, tak boleh saya sia-siakan. Kemarin, saat di Tanjung Priuk, saya terlewat shalat dhuhur berjamaah karena nyaris tak ada orang yang shalat di mushala pelabuhan, padahal waktu dhuhur sudah datang. Maka saat tiba di rumah, barulah saya sadar, ada banyak nikmat yang harus saya syukuri dibanding hanya urusan pekerjaan.

Kembali ke kelas Public Speaking, alasan saya ingin mengikuti kelas ini adalah karena saya harus memantaskan diri, ke depan saya punya banyak agenda yang mewajibkan saya untuk tampil di depan umum, diantaranya momen presentasi sebagai ketua KIPMA (Koperasi Ibu Profesional Mandiri) dan calon tour guide untuk umroh. Maka walaupun suami tak terlalu mengijinkan berangkat, saya tetap pergi sambil berdoa kencang supaya saya tetap selamat sampai tujuan. Sebenarnya sudah mulai agak pusing, karena masih kurang istirahat, tapi saya paksakan, dengan beberapa kali berhenti untuk sarapan dan beli cas an hape.


Alhamdulillah tiba di lokasi pukul 8.30, lebih cepat setengah jam dari waktu yang ditentukan. Saya bisa bersiap-siap dan ngobrol dengan peserta lain yang datang lebih dulu. Acara dimulai tepat pukul 09.30, dengan peserta terbatas yang hadir hanya 10 orang. Jumlah kecil dalam kelas ini, kami syukuri karena akhirnya kami jadi super intensif belajarnya.

Kelas yang dipandu oleh Coach Muchlis Anwar ini bermanfaat sekali, kami ditempa dalam waktu singkat, bukan hanya teori tapi kami langsung praktek langsung. Kami maju satu persatu, lalu diberi feed back kekurangan kami dimana. Kalau saya, saat dievaluasi, kekurangan saya adalah kurang senyum dan cenderung menghindari kontak mata dengan peserta. Wuah senangnya dapat feed back langsung dari ahlinya. Beberapa teman lain juga merasakan manfaat kelas ini. Ada yang sadar bahwa dia harus menyelesaikan “innerchild” nya untuk tampil percaya diri di depan umum, ada yang grogi tingkat dewa hingga mendapatkan tips praktis dari sang master. Alhamdulillah memang berbeda ya kalau mendapat ilmu dari ahlinya, lebih joss... 

Senin, 021017.12.45
#ProgramHamil40HariEpisode3#Hari21

#odopfor99days#sesi3#day31

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit