Wednesday, January 16, 2013

Inti Kemujizatan Al-Qur'an adalah Bahasa

 Judul Buku               : Al-Qur’an yang Menakjubkan
                              (Bacaan Terpilih dalam Tafsir Klasik hingga Modern dari seorang Ilmuwan Katolik)
Penulis                   : Prof. DR. Issa J. Boullata
Penerjemah            : Bachrum B, Taufik A. D & Haris Abdul Hakim
Penerbit                 : Lentera Hati
Tahun Terbit          : 2008

Jumlah Halaman     : 424


Buku yang akan dibahas ini adalah buku pilihan dari Prof. Quraisy Shihab. Ulama yang sudah tak diragukan lagi keilmuannya ini, pasti tidak sembarangan merekomendasikan buku. Buku ini merupakan karya dari seorang ilmuwan Katolik yang bernama Prof. DR. Issa J. Boullata ini berusaha menggali seluk beluk kemujizatan al-Qur’an dari beberapa ulama dan ahli bahasa. Karya yang judul aslinya adalah “Ijaz al-Qur’an al-Karim Abra at-Tarikh” ini, diterbitkan di Libanon, dan diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh Tim Penerjemah Lentera Hati.



Al-Qur’an merupakan mu’jizat yang tak lekang oleh waktu dan tempat. Para ulama berbeda pendapat tentang aspek-aspek kemujizatan al-Qur’an; ada yang mengatakan dari sisi ajarannya, ada yang berpendapat dari sisi sains nya dan lain-lain. Tapi menurut Prof M. Quraisy Shihab yang memberikan pengantar dalam buku ini, inti kemujizatan al-Qur’an ada pada sisi bahasanya. Lebih lengkapnya, Prof. M. Quraisy Shihab mengemukakan bahwa:
“Dalam konteks al-Qur’an para pakar sepakat menyatakan bahwa sisi keindahan bahasa dan susunan kata ayat-ayat al-Qur’an sangat memesona, dan inilah yang ditantangkan al-Qur’an kepada yang meragukan sumbernya. Memang ada aspek-aspek keistimewaan yang lain, namun tidak dikandung oleh setiap surah al-Qur’an yang berjumlah 114 surah itu. Katakanlah tidak semua surah mengandung pemberitaan gaib, atau isyarat ilmiah, yang juga merupakan aspek keistimewaan al-Qur’an. Satu-satunya aspek keistimewaan yang terdapat pada setiap surah adalah aspek bahasanya, yang mencakup ketelitiannya memilih dan menyusun kosa kata, kemudahan pengucapannya serta kesesuaian nada kalimatnya ke telinga pembaca dan pendengarnya dan tentu kedalaman pesan yang dikandung nya”.


Buku ini membahas karya-karya emas para ulama sejak zaman klasik hingga zaman modern, terutama yang berkaitan dengan aspek kemujizatan al-Qur’an. Karya-karya yang diulas di buku ini adalah sebagai berikut:
1.      Rasail al-Jahizh (Risalah-risalah al-Jahizh) karya al-Jahizh
2.     Tsalats Rasail I’jaz al-Qur’an (Tiga Risalah tentang kemujizatan al-Qur’an) karya al-Khaththabi
3.     I’jaz al-Qur’an (Kemu’jizatan al-Qur’an) karya al-Baqillani
4.     Al-Mughni fi Abwab at-Tauhid wa al-‘adl (Al-Mughni dalam berbagai masalah Tauhid dan Keadilan) karya al-Qadhi Abu al-Hasan Abd al-Jabbar Asad Abadi
5.     Al-I’jaz Syarh Dala’il al-I’jaz (Penjelasan Singkat tentang ciri-ciri/bukti kemujizatan al-Qur’an) karya Abd al-Qahir al-Jurjani
6.     Al-Itqan fi Ulum al-Qur’an (Al-Itqan dalam ilmu-ilmu al-Qur’an) karya Jalaludin Abdurrahman as-Suyuthi
7.     I’jaz al-Qur’an wa al-Balaghah an-Nabawiyyah (Mujizat al-Qur’an dan Balaghah Kenabian) karya Mushthafa Shadiq ar-Rafi’i
8.     Al-I’jaz al-Bayaniy li al-Qur’an wa Masa’il Ibn al-Qzraq (Mujizat Susastra al-Qur’an dan Persoalan-persoalan Ibn al-Azraq) karya Dr. Aisyah Abdurrahman Bint asy-Syathi’
9.     At-Tashwir al-Fanniy fi al-Qur’an (Pelukisan Estetik dalam al-Qur’an) karya Sayyid Quthb
10.   Masyahid al-Qiyamah fi al-Qur’an (Adegan-adegan Hari Kiamat dalam al-Qur’an) karya Sayyid Quthb

Jadi, kita yang kesulitan membaca kitab kuning atau literatur berbahasa Arab, sudah tak perlu repot-repot membaca 10 kitab tersebut, tapi cukup membaca satu buku ini maka 10 kitab yang merupakan karya 9 ulama ini pun sudah bisa kita lahap habis. Tak ada alasan lagi untuk tidak mempelajari keindahan dan keajaiban al-Qur’an.

Tentang penulisnya, Prof. DR. Issa J. Boullata lahir di Yerussalem. Beliau menyelesaikan Ph.D dalam bidang sastra Arab di University of London pada tahun 1969. Dari tahun 1968 hingga tahun 1975, beliau mengajar di di Hartford Seminary, Connecticut, Amerika Serikat. Pada tahun 1975, beliau bergabung dengan McGill University, Montreal, Kanada, Amerika Utara, sebagai professor bahasa dan sastra Arab di Institute of Islamic Studies universitas tersebut. Karya-karya beliau yang dipublikasikan antara lain Outlines of Romanticism in Modern Arabic Poetry (1960) dan Badr Shakir al-Sayyab: His Life and Poetry (1971) dll. Beliau juga telah mempublikasikan lebih dari 80 artikel dan 250 lebih resensi yang dimuat dalam jurnal-jurnal ilmiah. Beliau juga merupakan anggota sejumlah organisasi professional seperti the Middle East Studies Association of North America, the American Association of Teachers of Arabic yang pada tahun 1983 beliau menjadi ketuanya.

Adapun kelemahan buku ini, menurut saya adalah  tidak banyak gagasan atau pemikiran sang penulis yang bisa kita temukan karena buku ini merupakan kumpulan karya dari beberapa ulama. Jadi sang penulis hanya membahas pemikiran para ulama tersebut.

Wassalam
Eva Novita Ungu
Rabu, 16 Januari 2013
“Barang siapa yang bersama Al-Qur’an, maka hakekatnya dia sedang bersama Allah”
(dari seorang ustadz)

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit