Saturday, January 21, 2023

WILUJENG MILAD MAH (HARUSNYA SPESIAL 70 TAHUN)

 


RESOLUSI 2023: (BELAJAR) IKHLAS MEMELUK KEHILANGAN

Alhamdulillah tahun 2022 sudah terlewati. Memasuki tahun baru 2023 ini, tak banyak resolusi yang saya buat. Bisa memasuki tahun 2023 ini saja, sudah harus disyukuri sekali. Dua tahun  masa pandemi itu, benar benar tak terlupakan karena saya harus merasakan duka mendalam setelah kehilangan ibunda di tahun 2020. Jadi pasca kehilangan ibunda, saya betul-betul jatuh bangun belajar tentang sebuah kata yang ternyata berat untuk dilakukan yaitu IKHLAS.

Untuk menghadapi sebuah episode hidup bernama KEHILANGAN, saya seperti menjadi seperti anak kecil lagi yang harus belajar jalan, berdiri dan berlari. Sekian banyak nasehat untuk menjadi kuat dan sabar dalam menghadapi musibah kehilangan ini, tak cukup mempan di telinga dan hati saya. Kebersamaan saya menemani mamah di rumah sakit beberapa hari jelang wafatnya, masih terus terbayang dengan jelas dalam ingatan saya. Perjuangan mamah untuk bisa sembuh, hingga harus bernafas dengan bantuan oksigen, sungguh takkan pernah hilang dalam pikiran saya, bahkan setelah dua tahun setelah kehilangannya.

Kadang, saya ingin berpura-pura lupa bahwa mamah sudah tiada, hanya agar bisa bertahan agar dada tak sesak dengan segenap kenangan bersamanya. Saya baru faham kenapa saya harus menikah di usia yang tak muda lagi, karena ternyata saya harus menemani mamah lebih lama, karena ternyata waktu saya bersama mamah sangat singkat sekali. Padahal saya membayangkan bahwa saya akan ditemani mamah dalam membesarkan anak saya, harapan saya doa mamah akan selalu mengiringi semua episode kehidupan saya, tapi ternyata Allah lebih menyayangi mamah, sehingga dipanggil secepat ini.

Kehidupan saya setelah kehilangan mamah, sungguh sangat sangat berbeda. Ada masa dimana saya menangis sendirian di dalam kamar, hanya untuk mengenang beberapa episode hidup indah bersama mamah. Ada saat dimana saya tak kuat menangani masa kehilangan ini, hingga saya meminta bantuan sahabat saya yang merupakan lulusan psikologi untuk membantu saya konseling dalam mengatasi duka setelah kehilangan. Ada masa dimana saya menangis sesenggukan di depan makam mamah saat ziarah, menyesal belum banyak bisa membahagiakannya. Pernah juga ada masa dimana saya betul betul (pura-pura) lupa dan cuek dengan kehilangan ini. Dan seringnya saya merasa tak lagi punya mimpi yang bisa saya perjuangkan, semuanya terasa hampa saat mamah tak ada.

Mah, inilah anak bungsumu, yang setelah dua tahun kehilangan mamah, masih berjuang untuk ikhlas. Tak bisa raga ini berpura-pura kuat dan bisa langsung ikhlas menerima takdir ini. Semoga mamah bisa menyaksikan anak bungsumu ini jatuh bangun belajar tentang keikhlasan menerima takdir. Doakan ya mah, semoga anak bungsumu bisa semangat lagi menata hidup, berjuang lagi untuk mendidik Eza dan bersama mas, mantumu yang mendampingi saat saat sakaratul mamah, bisa terus melanjutkan hidup dan memberikan kebahagiaan terus untuk mamah di akhirat nanti.

Wilujeng milad mah, (harusnya) tahun ini mamah spesial 70 tahun... Semoga mamah bahagia di surga Nya

Serpong, 21 Januari 2023

Yang masih berjuang untuk ikhlas

Anak bungsumu


No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit