Tuesday, January 31, 2023

Ketika si Introvert Harus "Manggung"

 


Bagi saya yang introvert sejak dulu, untuk bisa tampil depan panggung untuk memberikan sambutan, butuh perjuangan keras. Padahal saya adalah seorang guru yang terbiasa berbicara di depan siswa, tapi saat diminta memberikan sambutan untuk peresmian angkatan 28 di MAN Insan Cendekia Serpong, tetap saja merasakan demam panggung dan deg degan alias grogi akut.

Sebagai wali asrama dari angkatan 28 ini, saat mereka akan meresmikan nama angkatan, saya diundang untuk hadir. Awalnya yang memberikan speech adalah bapa wakamad keasramaan yang sekaligus wali asrama angkatan 28 putra, tapi beliau berhalangan hadir. Jadilah saya, yang diminta menggantikannya.

Bagi orang lain yang terbiasa berbicara di depan publik, mungkin hal itu biasa-biasa saja, tapi bagi saya yang super introvert parah ini, yang selalu menghindari menjadi MC, menjadi pembina upacara dan aktivitas lain yang sifatnya manggung, sungguh butuh perjuangan berat dan persiapan yang tak main-main untuk bisa bicara di depan 400-an siswa dari seluruh angkatan dan beberap orangtua yang hadir.


Sungguh unik ya manusia itu.  Ada yang introvert dan tidak suka dengan keramaian, tempat ternyaman bagi si introvert ini adalah rumah dan tempat yang sepi. Ada juga type ektrovert yang senang berekspresi, senang manggung dan selalu mencari tantangan untuk bisa tampil di depan publik. Tempat ternyaman untuk mengecas energi bagi sang ektrovert adalah bertemu banyak orang, cerita pada sahabat dan orangtua, dan hadir di tempat keramaian.

Tidak ada yang salah dengan kedua type ini. Dua type ini dibutuhkan dalam sebuah organisasi, kepanitiaan maupun perusahaan. Dua type ini akan saling melengkapi dan tidak perlu saling memaksakan, walaupun tidak ada salahnya juga untuk menerima tantangan dengan type yang berseberangan dengan karakter dirinya.

Seperti saya yang introvert, akhirnya berhasil menyelesaikan tantangan memberikan sambutan di malam Ahad minggu lalu, akhirnya lega juga, dan bilang sama diri sendiri, "hai diri, terimakasih sudah berusaha untuk menaklukan tantangan, you did it, very cool, selamattt akhirnya berhasil keluar dari zona nyaman dan ternyata bisa juga melakukannya."

Selamat untuk A28 yang sudah meresmikan nama angkatannya

Calastra : Niscalastra Anatara Danadyaksa

Melesat Tinggi, Tanpa Henti


Salam sayang,

Wali asrama

Novita Ungu

memory tak terlupakan di hari peresmian angkatan, Sabtu 28 Januari 2023

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit