Saturday, March 24, 2018

Mengapa Harus KIPMA?? The Power of Emak Emak




Mengapa sih harus ada KIPMA?? Kan selama ini sudah banyak ibu ibu anggota IIP yang jualan. Lagian wilayah IIP tersebar luas, gimana tuh caranya. Mengapa harus Koperasi? Kenapa bukan perusahaan? Mungkin banyak pertanyaan seputar KIPMA dari anggota Ibu Profesional. Saya dan Tim Perintis KIPMA yang berasal dari para Manager Keuangan, sempat berdiskusi panjang lebar tentang ini. Koperasi sangat berbeda dengan perusahaan. Perusahaan sangat tergantung para pemegang saham, sementara Koperasi itu pemegang saham terbesar adalah semua anggotanya. Banyak para ibu yang masih berjuang dalam hal pemenuhan ekonomi keluarganya, maka dengan koperasi ini, diharapkan para bunda bersatu menjadi Bunda Produktif Berjamaah, yang akan saling bahu membahu memajukan kesejahteraan anggotanya. Maka setelah konsultasi dengan Bu Septi dan Pa Dodik, kami sepakat mendirikan Koperasi.

Untuk mendirikan Koperasi, sebenarnya mudah mudah sulit. Pilihannya ada 2, jika mau mendirikan Koperasi Tingkat Kota, cukup ke Dinas Koperasi Kota setempat. Tapi karena anggota Ibu Profesional sudah tersebar di berbagai daerah di nusantara, bahkan Asia dan Eropa, maka kami sepakat untuk mendirikan Koperasi tingkat nasional, yang perijinannya harus ke Kementerian Koperasi. Perjalanan menyiapkan administrasi perangkat pendirian KIPMA, juga merupakan perjalanan yang membutuhkan waktu berbulan-bulan. Tapi karena tim inti KIPMA tak kenal lelah dan selalu penuh semangat, kami menjalaninya dengan senang hati... huhuy

Awalnya tim inti KIPMA adalah beberapa Manager Keuangan yang bersedia babak belur di masa awal menyiapkan dokumen KIPMA. Berikut adalah Tim Perintis KIPMA sejak awal pendirian:
     
      1.      Eva Novita, Tangsel
      2.      Lamia Inayati, Bogor
      3.      Nurhalita Diny, Tangkot
      4.      Endang Dian, Singapura
      5.      Yani, Pacitan 
      6.      Damas, Kediri


Awalnya hanya berenam ini yang selalu sharing dan diskusi pada awal pendirian KIPMA, selanjutnya anggota tim yang berada di Jabodetabek yang diberi amanah untuk mengurus administrasi pendirian KIPMA.

Maka saya, Lamia dan Lita sebagai perwakilan Tim Inti KIPMA yang ada di Jabodetabek, secara bergantian konsultasi ke notaris dan staf Kementerian Koperasi. Kami sempat pergi ke kantor notaris di Pamulang, rekomendasi dari seseorang, ternyata kantornya tidak “meyakinkan” karena sedang tahap renovasi. Akhirnya kami sepakat menggunakan notaris rekomendasi dari Dinas Koperasi Tangsel yang ada di wilayah Tangerang Selatan.   Persyaratan adminitrasinya lumayan agak ribet, tapi setelah konsultasi pada Staf Kementerain Koperasi, akhirnya KIPMA resmi berdiri pada hari Senin tanggal 25 September 2017.

Selanjutnya tentang hebohnya persiapan rapat pembentukan KIPMA, bisa dibaca disini.

Berikut adalah Visi dan Misi KIPMA yang sedang digodog dalam AD ART KIPMA.

Visi KIPMA :

Mewujudkan masyarakat yang sejahtera adil dan makmur. Prima dalam pelayanan manajemen dan produktivitas untuk menciptakan nilai dan melayani masyarakat.


MISI

1.      Menghasilkan produk yang berkualitas dengan harga terjangkau dan ramah keluarga.
2.       Mengadakan pendidikan dan pelatihan perkoperasian dan kewirausahaan bagi para anggotanya.
3.      Mendorong munculnya pengusaha-pengusaha wanita yang mandiri secara finansial melalui penyaluran kredit yang mudah dan sesuai prinsip syariah.
4.      Menjadi wadah pemberdayaan ekonomi baik bagi anggota maupun masyarakat sekitar.
5.      Meningkatkan Sumber Daya  Manusia para ibu menjadi ibu profesional, mandiri dan produktif mengembangkan potensinya.
6.      Menjadi koperasi yang sukses dan model pemberdayaan ekonomi

Tujuan KIPMA:

1.      Merupakan wadah bagi para ibu profesional untuk berkumpul dan mengembangkan kewirausahaan menuju sejahtera bersama
2.      Terciptanya ibu profesional sekaligus produktif yang mandiri dan memberdayakan masyarakat sekitar.
3.      Menjadi koperasi yang dapat memberdayakan dan mensejahterakan anggotanya

Yuks bahu membahu membangun ekonomi umat, melalui KIPMA... Saat emak emak bersatu, akan terjadi perubahan dahsyat yang akan mengguncang dunia. Kita harus bisa membuktikan bahwa kekuatan emak emak ini sangat spektakuler...

Syemangaatttt...

Sabtu, 24 Maret 2018. 10.15

Bersambung

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit