Saturday, June 14, 2014

Bertemu Tokoh-Tokoh Dunia di Madame Tussaud Amsterdam

Pada tahun 2012, alhamdulillah saya bersama 5 orang teman lainnya (yang 4 orangnya adalah satu keluarga) melakukan Euro Trip. Kami berkunjung ke 4 negara yaitu Belanda, Belgia, Jerman dan Paris. Walaupun tak semua tempat dapat kami jelajahi karena terbatasnya waktu. Sembilan hari tentu tak cukup untuk mengunjungi tempat-tempat indah yang ada di 4 negara. Tapi agen travel kami, sepasang suami istri yang kompak, mengajak kami ke tempat-tempat istimewa. Salah satunya adalah museum Madame Tussaud di Amsterdam Belanda, tempatnya patung lilin berbagai tokoh dunia.

Kami berkunjung ke museum ini di hari Rabu, 4 Juli 2012. Museum Madame Tussaud ini buka setiap hari dari jam 10:00 pagi sampai 5:30 sore. Museum ini terletak di Dam Square, di jantungnya kota Amsterdam. Selain di Amsterdam, museum ini telah memiliki cabang di Las Vegas, New York City, Hongkong, Shanghai, Hollywood-Los Angeles, dan Washington D.C.




Marie Tussaud atau yang lebih dikenal sebagai Madame Tussaud (lahir 1761, wafat 1850), lahir sebagai Marie Grosholtz di Strasbourg, Perancis. Ibunya bekerja sebagai pembantu rumah tangga untuk Dr. Phillippe Curtius, seorang dokter yang mahir dalam pembuatan patung lilin. Curtius mendidik Tussaud dalam seni patung lilin. Di tahun 1765, Curtius membuat patung lilin Marie-Jeanne du Barry, selir dari Raja Louis XV dari Perancis. Cetakan dari patung tersebut adalah benda tertua yang masih ada dari sejarah museum patung lilin ini.

Tussaud membuat patung lilin pertamanya, yaitu patung Francois Marie Arouet de Voltaire, atau yang lebih dikenal hanya dengan Voltaire, di tahun 1777. Tokoh-tokoh terkenal lainnya yang dipatungkannya antara lain Jean Jacques Rousseau dan Benjamin Franklin. Masih banyak tokoh lainnya yang diabadikan di tempat ini, kami sempat berpose bersama Oprah Winfrey, Einstein, Lady Diana dan lain-lain. Tapi, sayang sekali untuk berpose dengan (patung) Barrack Obama, kami diharuskan membayar, tapi kami lebih memilih untuk berpose yang gratis-gratis saja. Haha tetap ga mau ngeluarin modal.

Cuaca sangat cerah saat saya dan teman-teman berkunjung kesana. Di depan museum, pemandangan khas luar negeri pun terasa. Burung yang beterbangan dan sesekali hinggap, lalu lalang para bule, sepeda yang jadi “raksasa transportasi Belanda, semuanya sangat mewarnai kebahagiaan kami. Rasanya seperti mimpi, bisa berada di negara yang pernah menjajah Indonesia ini.

Setelah puas berpose dengan berbagai tokoh patung lilin di Madame Tussaud, barulah kami berburu souvenir khas Belanda. Tak terasa kalau untuk belanja, waktu seolah berjalan begitu cepat.


Wassalam
Eva  Novita Ungu
Sabtu, 14 Juni 2014 (yang seharusnya untuk Rabu, 11 Juni 2014)
Betapa kreatifnya manusia, sampai patung lilin pun jadi tempat wisata dunia …

1 comment:

  1. Pengalaman yang sangat menarik, smg sukses selalu.

    ReplyDelete

Postingan Favorit