Thursday, March 10, 2016

Saat Eza Hujan Hujanan


 

Saat saya kecil, hujan adalah merupakan salah satu moment yang saya rindukan. Entah kenapa, kebanyakan anak kecil biasanya suka main air. Walaupun seringkali dilarang orangtua untuk hujan-hujanan, tapi tetap saja suka dengan hujan ini. Untungnya, rumah saya dulu, ada pekarangan depan yang diberi keramik, jadi sering dimanfaatkan sebagai arena perosotan. Seru dan mengasyikkan ...

 

Nah, Eza ternyata suka sekali main hujan hujanan. Eza yang sempat takut air saat saya ajak renang pertama kali di usia setahun lebih, alhamdulillah setelah beberapa kali diajak renang lagi, Eza malah susah berenti main air. Kadang kalau mbaknya sedang mencuci sendal, atau saat saya mencuci motor, Eza pasti ingin nimbrung dengan main basah basahan. Saya dan suami pun tak melarang. Biarlah saat Eza main air, berenang, atau hujan hujanan, itu adalah saat ia mengekspresikan diri dan saat membangun kekuatan tubuhnya terhadap air. Walau sempat khawatir kena flu setelah main air, tapi tetap saja tak tega melarang, apalgi binar-binar kebahagiaan itu terpancar jelas di wajah Eza saat main air dan hujan hujanan.

 

Ternyata anak bermain hujan hujanan itu ada manfaatnya juga lho. Saat bermain hujan, tubuh anak berusaha mengimbangi perubahan suhu yang drastic, sama juga dengan air dingin. Dengan membiarkan sesekali anak bermain hujan, maka tubuhnya akan lebih mampu beradaptasi dengan hujan.

 

Walaupun begitu, kondisi tubuh anak tetap harus diperhatikan. Jika anak sedang kurang fit, baiknya kita tak membiarkan ia hujan hujanan. Setelah sehat kembali, barulah kita biarkan ia bersenang-senang dengan air hujan karena mungkin saja, kegembiraan saat bermain hujan lebih besar daripada saat ia bermain di tempat lain.

 

Saya dan suami ingin sekali Eza menikmati masa kecilnya dengan ceria, banyak bermain, banyak bereksplorasi dan tak banyak dikekang dengan berbagai larangan dan mitos yang tak jelas. Tapi tetap kami sebagai orangtua memiliki batas warning, kapan ia harus dituruti keinginannya, kapan juga harus belajar menahan diri dan tak selalu dipenuhi keinginannya.

 

Semoga dengan mencintai hujan, suatu saat ia juga tak takut dengan gelombang dan ujian apapun yang akan dihadapinya. Belajar menghadapi masalah dan bersiap menanggung resiko terhadap apa yang sudah dilakukannya, mungkin itu juga merupakan hikmah dari bermain hujan hujanan ini.


No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit