Saturday, March 26, 2016

Resensi Buku : Sejarah Islam

 

Judul                : Sejarah Islam (Sejak Zaman Nabi Adam Hingga Abad XX)

Penulis             : Ahmad al-Usairy

Penerjemah      : H. Samson Rahman, MA

Penerbit           : Akbar Media

Terbit              : 2009

Tebal               : 561 halaman

 

Ini adalah buku terjemahan dari buku aslinya yang berjudul at-Taarikh al-Islamiyy dan diterjemahkan oleh H. Samson Rahman. Buku ini membicarakan sejarah masa lampau, sejak zaman Nabi Adam as yang diturunkan oleh Allah Swt ke dunia., lalu berlanjut dengan kisah para nabi yang mulia. Termasuk kisah Nabi Muhammad Saw hingga kondisi dunia Islam saat ini.

 

Buku ini dibagi menjadi 8 bagian besar yaitu

Bagian Pertama           : Sejarah Klasik

Bagian Kedua              : Sejarah Rasulullah Saw

Bagian Ketiga              : Masa Pemerintahan Khulafaur Rasyidin

Bagian Keempat          : Pemerintahan Bani Umawiyah

Bagian Kelima             : Pemerintahan Bani Abbasiyah

Bagian Keenam           : Pemerintahan Mamluk

Bagian Ketujuh           : Masa Pemerintahan Utsman dan Modern

Bagian Kedelapan       : Dunia Islam

 

Pada bagian pertama, dibahas tentang awal penciptaan manusia, kisah Nabi Adam dan Nabi Idris serta awal mula peristiwa migrasi umat manusia. Dilanjutkan dengan kisah beberapa Nabi dan Rasul yang dibagi per wilayah, mulai dari Irak, Syam, Mesir dan Jazirah Arab. Menurut saya bagian ini menarik karena menceritakan kisah para Nabi berdasarkan wilayah Rasul tersebut diutus. Di bagian kedua, diceritakan tentang kisah Rasulullah yang juga banyak dibahas lazimnya dalam buku sirah. Pada bagian ketiga, dibahas tentang masa Khulafaur Rasyidin, sejak Abu Bakar hingga Ali bin Abi Thalib. Kisah mereka juga banyak dibahas di buku sejarah Islam kebanyakan.

 

Bagian keempat berbicara tentang pemerintahan Bani Umawiyah, dilanjutkan dengan Bani Abbasiyah di Bagian kelima. Selanjutnya pada bagian keenam, dibahas tentang pemerintahan Mamluk (Mesir, Syam dan Hijaz), kondisi Islam di Jazirah Arabia, Mongolia, Irak, India, Asia Tenggara dan Maroko, Andalusia serta Afrika Barat. Pada bagian akhir, menurut saya inilah bagian paling menarik buku ini karena mengupas tuntas permasalahan Islam di dunia modern saat ini. Ada 4 bab yang dibahas di bagian terakhir buku ini yaitu Pengenalan terhadap Dunia Islam Modern; Catatan-catatan tentang Realitas Dunia Islam, Negeri-Negeri Islam di benua Asia Afrika dan Eropa; dan Minoritas Islam di dunia. Pada keempat bab tersebut, dikupas tuntas tentang sekte sekte kaum muslimin, kondisi mayoritas muslim di beberapa negara Islam dan terakhir kondisi minoritas di beberapa benua, sebab sebab kelemahan dunia islam dan kewajiban kaum muslim terhadap kaum minoritas.

 

Pada bagian sebab-sebab kelemahan dunia Islam, ternyata banyak sekali kelemahan dunia Islam menurut sang penulis, ada 12 faktor yang utama yaitu Jauhnya dari praktek akidah islam yang lurus, tidak berhukum dengan hukum Allah Swt, jauhnya dari amar maruf nahi munkar, meninggalkan jihad, perbedaan internal dan rakus terhadap keduniaan, condong kepada sikap santai, tenang dan kemewahan, tak ada upaya ijtihad dalam praktek ilmu pengetahuan, taklid buta terhadap dunia Barat, terpengaruh dengan arus pemikiran modern, terpecahnya kaum muslim ke dalam beberapa kelompok, dan adanya faktor eksternal yaitu Yahudi dan nasrani yang selalu ingin menjauhkan kaum muslim dari ajaran Islamnya.

 

Menurut saya, buku setebal 561 halaman ini, adalah buku lengkap tentang sejarah Islam. Menariknya bukan hanya kisah masa lalu, tapi juga membahas kondisi dunia Islam saat ini. Padahal asumsi saya, buku sejarah itu pastilah membahas kisah masa lalu. Tapi ternyata di buku ini dibahas tuntas mulai kisah masa klasik hingga kondisi muslim saat ini, baik yang mayoritas maupun minoritas di beberapa negara. Saking lengkapnya, saya tidak menemukan kekurangan buku ini. Dan sangat tidak layak , saya yang masih punya ilmu cetek ini, mengkritisi ulama hebat yang sudah menghasilkan karya hebat. Jadi mari kita nikmati buku sejarah Islam yang sangat lengkap ini.

 


2 comments:

  1. Saya tertarik dengan sejarah, dan tampaknya buku ini menarik untuk dibaca. Kira-kira bisa dicari dimana ya? Terimakasih infonya!
    Oh, ya sekadar bertukar informasi, ada satu buku menarik yang pernah saya baca tapi lebih condong ke masalah geopolitik di Timur Tengah daripada sejarah Islamnya itu sendiri, judulnya "World Without Islam" oleh Graham E. Fuller. Memang sih kalau dari judulnya terkesan mendiskreditkan Islam, tapi isinya sangat menarik dan memperlihatkan kalau Islam bukan agama yang menyebabkan konflik apalagi terorisme seperti yang seringkali muncul di pikiran orang sekarang.
    Dan ada beberapa buku terkait sejarah Islam lagi yang saya temui dari situs ini (https://www.galena.co.id/q/buku-apa-sajakah-yang-membahas-asal-muasal-dan-sejarah-islam-secara-netral). Saya belum sempat baca juga sih tapi mungkin bisa jadi menarik untuk Eva Novita.
    Salam kenal! :)

    ReplyDelete
  2. Saya tertarik dengan sejarah, dan tampaknya buku ini menarik untuk dibaca. Kira-kira bisa dicari dimana ya? Terimakasih infonya!
    Oh, ya sekadar bertukar informasi, ada satu buku menarik yang pernah saya baca tapi lebih condong ke masalah geopolitik di Timur Tengah daripada sejarah Islamnya itu sendiri, judulnya "World Without Islam" oleh Graham E. Fuller. Memang sih kalau dari judulnya terkesan mendiskreditkan Islam, tapi isinya sangat menarik dan memperlihatkan kalau Islam bukan agama yang menyebabkan konflik apalagi terorisme seperti yang seringkali muncul di pikiran orang sekarang.
    Dan ada beberapa buku lagi yang saya temui dari situs ini (https://www.galena.co.id/q/buku-apa-sajakah-yang-membahas-asal-muasal-dan-sejarah-islam-secara-netral) yang mungkin juga bisa jadi menarik untuk Eva Novita.
    Salama kenal! :)

    ReplyDelete

Postingan Favorit