Thursday, March 3, 2016

Cerdik Memilih Tempat Bermain (Gratis)





 

Memiliki anak usia batita yang sedang aktif dan senang bermain, harus cerdik dalam memberikan tempat bermain sebagai sarana mengaktualisasikan dan mengeksplorasi potensi dirinya. Akhir akhir ini saya sedang dilanda ketagihan untuk mengajak eza dan temannya untuk bermain di area bermain gratis yang terdapat di dalam sebuah kawasan perumahan elit di BSD Tangerang Selatan.

 

Awalnya ada teman yang memberitahu bahwa ada area bermain gratis yang bagus dan sepi. Setelah menyebutkan lokasi perrumahannya, saya langsung mencarinya. Ternyata benar. Walaupun lokasinya ada di dalam kawasan perumahan, dan kita harus melewati security untuk menuju area bermain ini, saya tak takut dan tak gentar, aslinya ga tahan malu untuk sering bermain di area bermain ini.

 

Ada 4 jenis permainan yang ada di tempat ini, yaitu rumah-rumahan untuk anak usia batita, ada perosotan untuk balita dan anak usia sd, area menantang untuk anak usia tk sd kelas 1-3, ada juga area outbound yang cocok untuk anak usia sd kelas 4-6. Sebenarnya semua jenis permainan ini tak dibatasi usia, cocok bagi yang senang dengan permainan menantang. Saya menyempatkan seminggu sekali untuk datang bermain ke tempat ini, entah di hari weekday atau di saat weekend. Kuncinya berbaik hati dengan sang security hehe

 

Karena area bermain ini ada di dalam kawasan perumahan, tak banyak yang tau dan memanfaatkannya. Selalu tampak sepi jika saya main ke tempat ini. Mungkin penghuni perumahan ini sudah bosan kali ya dengan jenis permainan tersebut atau sudah tak level.

 

Saya pernah mengajak teman serombongan, dua mobil main di tempat ini, dan anak-anak seusia eza, ada yang di tk, sd semuanya tampak senang menikmati area bermain ini. Bukan hanya gratisnya, tapi bervariasinya jenis permainan juga menambah kebahagiaan anak-anak. Eza saja mulai berani main perosotan sendiri sejak sering bermain di tempat ini. Takjub juga dengan perkembangan motorik kasarnya. Apalagi kalau mengajak temannya Fauzan, eza jadi banyak belajar untuk berani main sendiri dan belajar bekerja sama.

 

Selain itu, ternyata bermain perosotan itu banyak manfatnya lho, yaitu membuat anak belajar :
  • Berani menghadapi ketinggian karena dia harus meluncur dari tempat yang tinggi.
  • Keseimbangan, saat anak menaiki tangga dan meluncur dari perosotan.  Anak harus bisa menjaga keseimbangan tubuhnya agar tidak terguling dan bisa sampai di ujung bawah perosotan dengan posisi tetap duduk tegak.
  • Sabar mengantri mendapatkan giliran untuk merosot. Perosotan harus dimainkan secara bergantian untuk menghindari tabrakan dengan anak lain, bila suasananya ramai. Maka disini anak belajar untuk sabar antri
  • Berbagi, karena mainan perosotan adalah mainan yang bisa dimainkan beramai-ramai. Anak harus mau berbagi dengan anak-anak lain yang juga ingin ikut bermain.
  • Bekerja sama, karena dalam main perosotan ini ada interaksi antar anak yang bermain, maka selain sabar mengantri, anak juga belajar untuk bekerja sama, siapa yang main duluan siapa yang belakangan, siapa yang main dengan aneka perrmainan lain dulu, dan lain lain.

 

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit