Thursday, March 3, 2016

Resensi Buku : Keluarga Muslim Cerdas Finansial




 

Judul                : Keluarga Muslim Cerdas Finansial

Penulis             : Yuria Pratiwi Cleopatra, S. T, M. Si

Penerbit           : Smart Mom Community

Terbit              : 2016

Tebal               : 74 halaman

 

Buku ini saya beli secara online. Karena temanya menarik, saya pun penasaran dengan isi buku ini. Bagaimana mengelola keuangan keluarga muslim, apa saja jenis investasi yang sesuai syariah, pengelolaan harta suami dan istri, menghitung aset dan lain lain, dibahas secara singkat dan padat dalam buku ini.

 

Penulisnya adalah seorang ibu muda bernama Yuria Pratiwi Cleopatra yang akrab disapa Teh Patra. Beliau adalah seorang ibu rumah tangga yang concern dengan masalah perekonomian syariah. Pernah mengikuti kegiatan pelatihan ekonomi syariah, juga aktif sebagai pengisi training pengelolaan keuangan keluarga muslim dan forum diskusi ekonomi syariah.

 

Buku ini dibagi menjadi 5 bab besar yaitu :

1.      Manajemen keuangan keluarga

2.      Contoh pencatatan keuangan keluarga

3.      Transaksi ekonomi dalam Islam, bagian 1 Transaksi terlarang, bagian 2 Transaksi yang dipernolehkan

4.      Membangun Investasi Rumah Tangga Islami

5.      Mempersiapkan anak mandiri dan cerdas finansial

 

Pada bab 1, dibahas tentang kepemilikan harta, harta istri dan harta suami, neraca keuangan keluarga, pendapatan keluarga dan lain-lain. Pada bab 2, dibahas tentang profil keuangan keluarga, pembagian pos pengeluaran, anggaran tahunan dan tabel anggaran. Pada bab 3, dijelaskan tentang transaksi yang dilarang dan yang diperbolehkan. Pada transaksi yang dilarang, ada pembahasan  tentang gharar, tadlis, khiyar, riba, dan maisir. Sedangkan pada transaksi yang diperbolehkan, diulas istilah murabahah, mudharabah, musyarakah, ijarah, ar Rahn & Wadhi’ah.

 

Permasalahan investasi dibahas dalam bab 4, dari mulai investasi jangka pendek seperti tabungan, deposito dan obligasi sampai investasi jangka panjang seperti asuransi, properti dan wirausaha. Perbandingan beberapa jenis investasi dibahas di penutup bab 4 ini.

 

Sementara di bagian terakhir, ini yang menarik dan seru untuk ibu ibu karena membahas tentang mempersiapkan anak yang mandiri dan cerdas finansial dari mulai memperkenalkan konsep uang, konsep bisnis hingga melatih kemampuan usaha. Silakan baca lengkap dalam buku ini.

 

Sayangnya buku ini hanya berisi 74 halaman, padahal banyak aspek keuangan islam yang harus dibahas secara detail dan mendalam. Tapi untuk bekal dasar seorang ibu, buku ini layak dibaca untuk para ibu yang masih harus banyak belajar seperti saya.

 

1 comment:

Postingan Favorit