Saturday, March 5, 2016

Pentas Seni Eisthera : Kegagalan Hanya Terjadi Jika Engkau Menyerah

 

Eisthera adalah nama angkatan untuk siswa kelas XII yang berjumlah 115 orang di sekolah tempat saya bekerja. Dan menjelang akhir masa sekolah mereka, banyak ujian yang harus mereka jalani, mulai dari ujian praktek, ujian madrasah, ujian akhir madrasah, hingga ujian nasional dan setelah itu ujian menuju perrguruan tinggi.

 

Pada salah satu bidang studi yang diujikan pada ujian praktek, ada pelajaran kesenian yang terdiri dari 3 jenis yaitu seni lukis, seni musik dan seni suara. Setiap siswa hanya boleh memilih satu jenis kesenian pada pelajaran kesenian yang biasanya diadakan di hari Sabtu. Sejak beberapa tahun yang lalu, penilaian kesenian ini dilakukan melalui ajang pentas seni angkatan yang menampilkan kolaborasi 3 jenis seni tersebut. Nah pentas seni untuk angkatan tahun ini dilakukan pada hari Sabtu tanggal 27 Februari 2016. Acaranya tak memakan waktu lama, hanya 4 jam saja dari jam 8 pagi hingga pukul 12 siang. Maka kekompakan angkatan diuji pada ajang pentas seni. Mereka berjuang habis-habisan untuk kesuksesan acara ini karena ini adalah penampilan terakhir mereka di hadapan adik kelas dan guru-guru serta orang tua mereka. Dan kualitas angkatan sebagai tim akan terlihat dari kegiatan pentas seni ini.

 

Dan karena semua guru diundang, saya mencoba menyempatkan diri untuk hadir. Tadinya berniat mau datang sebentar saja hadir trus mau keluar lagi, ternyata setelah mencoba menikmati suguhan yang disajikan eisthera ini, saya malah jadi pengen terus mengikuti. Diawali dengan berbagai sambutan, dari mulai ketua panitia Imam yang ternyata bisa berpuisi, dilanjutkan dengan sambutan bu Kepala Madrasah yang sekaligus membuka acara ini. Acara pun berlanjut, kolaborasi drama, musik, panthomim, acapella membuat saya penasaran dengan ending dari pentas seni ini.

 

Dramanya menceritakan perjalanan angkatan ini sejak akan masuk IC, ada orientasi dalam bingkai PTS (Pekan Taaruf Siswa), persahabatan, romansa, tentang guru hingga perjalanan spiritual nya. Saat mengalami peristiwa romansa remaja, ada satu kalimat yang saya suka tentang cara mereka mengatasi gejolak asmara ini, sang vokalis perempuan ini berpesan di akhir penampilannya, “Bersabarlah karena sabar adalah amunisi ampuh untuk mendapatkan cinta sejati”.

 


Dan yang lebih menakjubkan, adalah karya dari siswa yang tergabung dalam kelompok seni design dan grafis. Mereka ini membuat sebuah karya, seperti mencoret coret sesuatu dengan cat, awalnya tak tampak istimewa, tapi saat digabungkan dari berbagai sisi, ternyata mereka membuat gambar pa Habibie yang indah dengan pesan hebat dari beliau di dalamnya “KEGAGALAN HANYA TERJADI JIKA ENGKAU MENYERAH”. Subhanallah keren banget karya mereka ini, memang siswa siswi yang multi talented.

 

#ODOPfor99days#day42

No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit