Materi keenam ini adalah tentang
matematika di sekitar kita. Seru dan menantang materi dan game nya. Sebenarnya
Eza sudah lama dikenalkan dengan matematika, secara tidak sadar, kadang sambil
naik motor saya ajak dia menghitung kerbau yang terlihat di jalan yang sering
dilewati, menghitung mobil, belajar bentuk, dan lain-lain.
Saya seringkali mengajak dia naik
motor baik jarak jauh maupun jarak dekat, sejak Eza berusia 2 tahun. Biasanya
Eza ngantuk kalau dibawa bermotor ria dalam jarak waktu yang jauh. Maka saya
sebisa mungkin mengajak dia ngobrol, memperdengarkan surat-surat pendek dalam
Al-Qur’an, dan mengenalkan ia dengan angka-angka. Kadang saya perdengarkan
angka 1-10 dalam bahasa Indonesia, di waktu lain dalam bahasa Arab dan juga
bahasa Inggris. Awalnya saya iseng saja biar dia tidak ngantuk. Ternyata
efeknya lumayan dahsyat, ia cepat hafal.
Kemarin pagi, seperti biasa kami
lewat jalan yang sering menjadi lapangan tempat makannya para kerbau. Saya ajak
dia menghitung kerbau,
“Mas, coba lihat, kerbaunya ada
berapa?”
“Ada dua bunda”, jawabnya.
Saya cek kerbau yang ada di lapangan
itu, memang benar hanya ada dua. Setiap hari jumlah kerbau yang ada memang
berbeda-beda.
Saya juga mulai mengenalkan angka pada Eza lewat puzzle
angka. Dia masih belum ngeh sih dengan angka-angka, tau kalau itu 2,3 atau 4
tapi bentuk tulisan nya dia belum terlalu faham. Saya takjub saat tadi dia
minta bermain puzzle angka. Padahal mainan balok, pasir juga ada. Tapi dia
minta bermain puzzle. Wah saya manfaatkan momen “aha” nya yang tidak datang
setiap saat. Saya pun membiarkan ia bermain puzzle, walau masih bertanya-tanya,
ini simpannya dimana bunda? (sambil menunjukkan angka 6, 7). Lalu saya perjelas
kalau itu angka enam, angka 7.
Seru juga bermain matematika bareng Eza. Sambil
bermain, dia sesungguhnya sedang belajar. Matematika tersebar di sekitar kita. Semoga
Eza cinta matematika karena matematika itu fun alias menyenangkan. Yeah ...
Semoga Bermanfaat
Kamis, 200717.17.20
#Day1
#GameLevel6
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#IloveMath
#MathAroundUs
#odopfor99days#semester2#day44
No comments:
Post a Comment