KEGIATAN 1
المرافق
العامة (فى المدينة)
A. Petunjuk
Belajar
Pahami
istilah-istilah berikut:
أ) التقديم
Bagian ini
berupa paparan pendek, bertujuan untuk melatih keterampilan menyimak (الاستماع).
ب) الحوار
Bagian
ini merupakan materi dalam bentuk dialog, bertujuan untuk melatih keterampilan berbicara (الحوار/الكلام).
ج) القراءة
Bagian ini merupakan materi dalam bentuk bacaan / teks, bertujuan
untuk melatih keterampilan membaca (القراءة).
د) الكتابة
Bagian ini merupakan materi dalam bentuk insya
muwajjah, bertujuan untuk melatih keterampilan menulis (الكتابة).
هـ) التركيب
Bagian ini merupakan materi tarkib atau tata
bahasa, bertujuan untuk memantapkan penguasaan bentuk kata dan struktur
kalimat.
و) المفردات
Istilah mufradat ini adalah kosa kata, bertujuan
untuk membantu siswa dalam memahami teks atau paparan atau dialog.
B. Kompetensi
Belajar
- Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
SK
|
KD
|
Menyimak
1.
Memahami informasi
lisan melalui kegiatan
mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog tentang: Fasilitas umum (di Kota)
|
1.1. Mengidentifikasi ujaran kata dan kalimat tentang:
المرافق العامة (فى المدينة)
1.2. Menemukan gagasan atau
makna dari ujaran kata atau kalimat tentang:
المرافق العامة (فى المدينة)
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan
informasi, pikiran dan
perasaan secara lisan dalam
bentuk paparan atau dialog tentang: Fasilitas umum (di Kota)
|
2.1. Melakukan dialog tentang:
المرافق العامة (فى المدينة)
2.2. Menyampaikan informasi secara lisan
dalam kalimat tentang:
المرافق العامة (فى المدينة)
|
- Indikator
Menyimak:
Ø Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat
yang didengar
Ø Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
Ø Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
Ø Menentukan tema dari wacana lisan
Ø Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
Ø Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana
lisan.
Ø Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau
sulit
Berbicara:
Ø Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
Ø Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan
intonasi yang tepat
Ø Menyampaikan informasi sesuai konteks
Ø Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
Ø Menjawab pertanyaan sesuai konteks
Ø Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
Ø Melakukan percakapan sesuai konteks
C. Sumber
Belajar dan Alokasi Waktu
- Sumber Belajar
a)
Buku paket pelajaran Bahasa Arab
b)
al ’Arabiyah Bayna Yadaik
c)
VCD
d)
Qawaidul Lughah al Arabiyah
- Alokasi Waktu
1 x pertemuan
@ 90 menit
D. Materi
التقديم
الْمَرَافِق الْعَامَّة هِيَ الْوَسَائِل
الَّتِي تَقُوْم بِتَوْفِيْرِهَا الْحُكُوْمَة أَوْ غَيْرُهَا لِلنَّاس تَسْهِيْلاً
لِمُمَارَسَةِ أَعْمَالِهِمْ. فَالتَّسْهِيْلاَت اْلاِجْتِمَاعِيَّة يَتِمّ تَوْفِيْرُهَا
لِمَصَالِحِهِمْ اْلاِجْتِمَاعِيَّة مِثْل الْمَدَارِس َالْمُسْتَشْفَيَات وَدُوْرِ الْعِبَادَة. وَالتَّسْهِيْلاَت الْعاَمَّة
يَتِمُّ تَوْفِيْرُهَا لِمَصَالِحِ النَّاس جَمِيْعًا، مِثْل الشَّوَارِع وَالإِنَارَة
الْكَهْرَبِيَّة
(أ)
(شَاهَدَ
أَحْمَد وَصَدِيْقُهُ إِلْيَاس بَعْضَ الْمَرَافِق الْعَامَّة فِي الْعَاصِمَة
مِنْ
فَوْقِ الْبُرْج الْقَوْمِيّ بِجَاكَرْتَا)
أَحْمَد : لَمْ أَكُن أَظُنّ أَنَّ الْبُرْج الْقَوْمِيّ
بِهذَا اْلاِرْتِفَاع
كَمْ اِرْتِفَاعُ هذَا الْبُرْج الْقَوْمِيّ؟
إِلْيَاس
: حَوَالَي 300 مِتْر .اُنْظُر، مَسْجِد اْلاِسْتِقْلاَل
تَحْتَنَا
أَحْمَد
: اُنْظُر إِلَى مَآذِنِ الْمَسَاجِد، وَهِيَ
تَرْتَفِع إِلَى السَّمَاء
(ب)
إِلْيَاس
: هَيَّا نَنْظُر فِي الْمِنْظَار
أَحْمَد
: هذِهِ شَوَارِع . هِيَ تَزْدَحِم بِآلاَتِ الْمُوَاصَلاَت
إِلْيَاس
: تِلْكَ جُسُوْر يَمُرّ فَوْقَهَا النَّاس
جُسُوْر أُخْرَى
تَمُرّ عَلَيْهَا السَّيَّارَات
أَحْمَد
: تِلْكَ أَرْصِفَة يَمْشِي عَلَيْهَا الْمُشَاة
إِلْيَاس
: اُنْظُر إِلَى مَصَابِيْحِ النُّوْر فِي
الطَّرِيْق!
أَحْمَد
: نَعَم، الْمَصَابِيْح تُنَظِّم الْمُرُوْر
(ج)
إِلْيَاس
: اُنْظُر، قَصْرَ الرِّئَاسَة تَحْتَنَا!
أَحْمَد
: صَحِيْح، وَمَا هذِهِ الْمَبَانِي الْكَبِيْرَة
؟
إِلْيَاس :
هذِهِ مَبَانِي الْوِزَارَات وَتِلْكَ مَحَلاَّت تِجَارِيَّة
أَحْمَد :
اِسْمَع اْلأَذَان لِصَلاَةِ الْمَغْرِب!
إِلْيَاس
: تَعَال نَنْـزِل لَعَلَّنَا نُدْرِك صَلاَةَ
الْمَغْرِب فِي مَسْجِد اْلاِسْتِقْلاَل !
E. Latihan
(أ)
ترجم هذه المفردات !
الاسم / الفعل
|
المعنى
|
الاسم / الفعل
|
المعنى
|
وَسِيْلَة
|
|
رَصِيْف ج أَرْصِفَة
|
|
تَسْهِيْل
|
|
مَاشٍ ج مُشَاة
|
|
تَسْهِيْلاَت اِجْتِمَاعِيَّة
|
|
آلاَتُ الْمُوَاصَلاَت
|
|
تَسْهِيْلاَت عَامَّة
|
|
مَبْنَى ج مَبَان
|
|
مَصْلَحَة ج مَصَالِح
|
|
ضَخْم
|
|
عَاصِمَة
|
|
قَصْرُ الرِّئَاسَة
|
|
بُرْج قَوْمِيّ
|
|
الْكَهْرَبَاء
|
|
مِنْظَار
|
|
غَرَض ج أَغْرَاض
|
|
سَجَّادَة ج سَجَاجِيْد
|
|
|
|
(ب)
ماسم
هذه الصورة؟ اكتب حتتها!
|
|
|
(
)
|
(
)
|
(
)
|
|
|
|
||
( )
|
( )
|
( )
|
||
|
|
|
||
|
|
|
||
( )
|
( )
|
( )
|
||
|
|
|
( )
|
( )
|
(
)
|
|
|
|
(
)
|
(
)
|
(
)
|
Nilai:
|
Paraf Siswa
|
Paraf Guru
|
F. Tugas
* تدريبات على المفردات
هَاتِ جَمْعًا لِكُلّ مُفْرَدَات آتِيَة!
مُفْرَد
|
جَمْع
|
مُفْرَد
|
جَمْع
|
مُفْرَد
|
جَمْع
|
مُفْرَد
|
جَمْع
|
مَصْلَحَة
|
....
|
رَصِيْف
|
....
|
مَاشٍ
|
....
|
مَبْنًى
|
....
|
سَجَّادَة
|
....
|
جِسْر
|
....
|
مِصْبَاح
|
....
|
مِئْذَنَة
|
....
|
ب- اِخْتَر أَنْسَبَ الْكَلِمَات بَيْنَ
الْقَوْسَيْن!
1-
هُنَاكَ تَسْهِيْلاَت
لِمَصَالِحِ جَمِيْعِ النَّاس، مِثْل (الشَّوَارِع – الْبُرْج – قَصْر الرِّئَاسَة).
( )
2-
هُنَاكَ
تَسْهِيْلاَت مُخَصَّصَة لِبَعْضِ النَّاس، مِثْل
(الإِنَارَة الْكَهْرَبَائِيَّة – دُوْرِ الْعِبَادَة – الْمُسْتَشْفَيَات)
( )
3-
الأَرْصِفَة تُخَصَّص
لِـ ( الْبَائِعِيْن – الْمُشَاة – الرُّكَّاب ).
( )
4-
يَقَع قَصْرُ الرِّئَاسَة
فِي (الْمُدُن الْكَبِيْرَة – الْمُحَافَظَة الْخَاصَّة – عَاصِمَةِ الْبِلاَد).
( )
5-
لاَ
أَسْتَطِيْع أَنْ أَكْتُب عَلَى الْحَاسُوْب، لأَنَّ الْكَهْرَبَاء (اِنْقَطَعت –
أَضَاءَت – عَمِلَت).
( )
6- نُشَاهِد
الْمَبَانِي الضَّخْمَة الْمُرْتَفِعَة، مِثْل (بُيُوْت الْمُوَاطِنِيْن – الْمَحَلاَّت
التِّجَارِيَّة – مَبَانِي الْوِزَارَات). ( )
7-
(آلاَتُ الْمُوَاصَلاَت
– اْلإِنَارَة الْكَهْرَبَائِيَّة – مَصَابِيْحُ النُّوْر) تَجْعَل الْمُرُوْر سَهْلاً.
( )
8-
اُنْظُر ، الشَّوَارِع
(تَمُرّ – تَرْتَفِع – تَزْدَحِم) بِالسَّيَّارَات.
( )
9-
نَطْبُخ
الطَّعَام بِالْكَهْرَبَاء، وَنُنَظِّف (الْمَلاَبِس – السَّجَّادَة – الْغَسَّالَة
) أَيْضًا بِالْكَهْرَبَاء.
( )
10- لاَ يَعْمَل الْحَاسُوْب،
لأَنَّكَ لَمْ تُدِرْ ( الْمِفْتَاح – الإِنَارَة – الْمِصْبَاح) .
( )
Seluruh
kegiatan pembelajaran ini telah diselesaikan pada:
Hari, tgl.:
.................................................
Nilai:
|
Paraf
Siswa
|
Paraf
Guru
|
G. Penilaian
Aspek :
·
Kognitif,
Akan
dilakukan pada Tes Blok
·
Afektif
Berdasarkan
partisipasi dan keaktifan peserta didik selama berlangsungnya kegiatan
pembelajaran.
·
Psikomotorik
Berdasarkan
pada penugasan dalam menentukan tema
dari suatu paparan dan praktek percakapan secara berpasangan.
KEGIATAN 2
المرافق
العامة (فى المدينة)
A.
Petunjuk Belajar
Pahami
istilah-istilah berikut:
أ) التقديم
Bagian ini
berupa paparan pendek, bertujuan untuk melatih keterampilan menyimak (الاستماع).
ب) الحوار
Bagian
ini merupakan materi dalam bentuk dialog, bertujuan untuk melatih keterampilan berbicara (الحوار/الكلام).
ج) القراءة
Bagian ini merupakan materi dalam bentuk bacaan / teks, bertujuan
untuk melatih keterampilan membaca (القراءة).
د) الكتابة
Bagian ini merupakan materi dalam bentuk insya
muwajjah, bertujuan untuk melatih keterampilan menulis (الكتابة).
هـ) التركيب
Bagian ini merupakan materi tarkib atau tata
bahasa, bertujuan untuk memantapkan penguasaan bentuk kata dan struktur
kalimat.
و) المفردات
Istilah mufradat ini adalah kosa kata, bertujuan
untuk membantu siswa dalam memahami teks atau paparan atau dialog.
B.
Kompetensi Belajar
1.
Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
Membaca
3.
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang: Fasilitas umum (di Kota)
|
3.1. Melafalkan kata, kalimat dan wacana tertulis tentang:
المرافق العامة (فى المدينة)
3.2. Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis
tentang:
المرافق العامة (فى المدينة)
3.3. Meengidentifikasi kata, frasa dan kalimat dalam
wacana tertulis dan fungsinya tentang:
المرافق العامة (فى المدينة)
|
2.
Indikator
Membaca:
Ø Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
Ø Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi
dan lafal yang tepat
Ø Menentukan tema wacana tulis
Ø Menentukan ide pokok dari wacana tulis
Ø Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
Ø Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
Ø Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu
dari wacana tulis
Ø Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
Ø
Menjawab pertanyaan mengenai
informasi rinci dari wacana tulis
C. Sumber
Belajar dan Alokasi Waktu
a. Sumber
Belajar
a)
Buku paket pelajaran Bahasa Arab
b)
al ’Arabiyah Bayna Yadaik
c)
VCD
d)
Qawaidul Lughah al Arabiyah
b. Alokasi
Waktu
1
x pertemuan @ 90 menit
D. Materi
. الْمَرَافِق الْعَامَّة
نُشَاهِد أَنْوَاعَ الْوَسَائِل الَّتِي تَقُوْم
بِتَوْفِيْرِهَا الْحُكُوْمَة أَوْ غَيْرُهَا لِلنَّاس تَسْهِيْلاً لِمُمَارَسَةِ
أَعْمَالِهِمْ، مِْثلُ التَّسْهِيْلاَت اْلاِجْتِمَاعِيَّة الَّتِي يَتِمّ تَوْفِيْرُهَا
لِمَصَالِحِهِمْ اْلاِجْتِمَاعِيَّة مِثْل الْمَدَارِس وَالْمُسْتَشْفَيَات وَدُوْرِ الْعِبَادَة.
وَالتَّسْهِيْلاَت الْعاَمَّة يَتِمُّ تَوْفِيْرُهَا
لِمَصَالِحِ النَّاس جَمِيْعًا،
مِثْلُ الشَّوَارِع وَالإِنَارَة الْكَهْرَبِيَّة
وَفِي
جَاكَرْتَا نَسْتَطِيْع أَنْ نُشَاهِد بَعْضَ الْمَرَافِق الْعَامَّة
مِنْ فَوْقِ الْبُرْج الْقَوْمِيّ. نَنْظُر فِي
الْمِنْظَار أَشْيَاء كَثِيْرَة،
هذَا مَسْجِدُ اْلاِسْتِقْلاَل
وَغَيْرُهُ مِنَ الْمَسَاجِد
الَّتِي تَرْتَفِع مَآذِنُهَا إِلَى السَّمَاء وَهذِهِ
شَوَارِع تَزْدَحِم بِآلاَتِ الْمُوَاصَلاَت وَهذِهِ
جُسُوْر يَمُرّ فَوْقَهُ النَّاس
وَجُسُوْر
أُخْرَى تَمُرّ عَلَيْهَا السَّيَّارَات وَعَلَى جَانِبَي الشَّوَارِع أَرْصِفَة يَمْشِي عَلَيْهَا الْمُشَاة تِلْكَ مَصَابِيْحِ
النُّوْر فِي الطَّرِيْق وهي تُنَظِّم الْمُرُوْر وَنَسْتَطِيْع أَنْ نَنْظُرَ فِي
الْمِنْظَار الْمَبَانِيَ الضَّخْمَة الْكَثِيْرَة، مِنْهَا قَصْرُ الرِّئَاسَة وَمَبَانِي
الْوِزَارَات وَالْمَحَلاَّت التِّجَارِيَّة
الْكَهْرَبَاء
وَمِنْ
أَهَمِّ الْمَرَافِق الْعَامَّة الْكَهْرَبَاء
الْكَهْرَبَاء
تَجْعَل الْعَمَل سَهْلاً
نَسْتَعْمِل
الْكَهْرَبَاء لأَغْرَاض مُخْتَلِفَة :
نَغْسِل
الْمَلاَبِس فِي غَسَّالاَت كَهْرَبَائِيَّة ، وَنَطْبُخ الطَّعَام بِالْكَهْرَبَاء
...
وَالرَّادِيُو
وَالتِّلْفِزْيُوْن بِالْكَهْرَبَاء ، وَالإِضَاءَة بِالْكَهْرَبَاء ، وَتَنْظِيْفُ
اْلأَرْض وَالسَّجَاجِيْد بِالْكَهْرَبَاء .
الْكَهْرَبَاء مُهِمَّة جِدًّا فِي حَيَاتِنَا
. إِذَا اِنْقَطَعَت الْكَهْرَبَاء ، تَعَطَّلَ كُلُّ شَيْء !
E. Latihan
اقرأ
هذا النص بحركات صحيحة !
المرافق
العامّة
نشاهد أنواع الوسائل التي تقوم بتوفيرها
الحكومةُ أو غيرُها للناس تسهيلا لممارسة أعمالهم، مثل التسهيلات الاجتماعيّة التي
يتمّ توفيرها لمصالحهم الاجتماعيّة كالمدارس والمستشفيات ودُوْرِ العبادة،
والتسهيلات العامّة التي يتمّ توفيرها لمصالح الناس جميعا، مثل الشوارع والإنارة
الكهربيّة
وفي جاكرتا نستطيع أن نشاهد بعض المرافق
العامّة من فوق البرج القوميّ . ننظر في
المنظار أشياء كثيرة، هذا مسجد الاستقلال وغيره من المساجد التي ترتفع مآذنها إلى
السماء وهذه شوارع تزدحم بآلات المواصلات وهذه جسور يمرّ فوقه الناس وجسور أخرى
تمرّ عليها السيّارات وعلى جانبي الشوارع
أرصفة يمشي عليها المشاة تلك مصابيح النور في الطريق وهي تنظّم
المرور ونستطيع أن ننظر في المنظار المبانيَ الضخمة الكثيرة، منها قصر الرئاسة ومباني الوزارات والمحلاّت التجاريّة
الكهرباء
ومِنْ أهمّ المرافق العامّة الكهرباء .
الكهرباء تجعل العمل سهلا نستعمل الكهرباء
لأغراض مختلفة : نغسل الملابس في غسّالات كهربائيّة ، ونطبخ الطعام بالكهرباء ... والراديو
والتليفزيون بالكهرباء ، والإضاءة بالكهرباء ،وتنظيف الأرض والسجاجيد بالكهرباء . الكهرباء
مهمّة جدّا في حياتنا . إذا انقطعت الكهرباء ، تعطّل كل شيء !
Nilai:
|
Paraf Siswa
|
Paraf Guru
|
F. Tugas
* تدريبات
على القراءة
تدريب
(1)
قُلْ صَحِيْح أَوْ خَطَأ
وَفْقًا لِنَصِّ الْقِرَاءَة السَّابِق وَصحِّح الْخَطَأ !
1-
الْحُكُوْمَة وَحْدَهَا
هِيَ الَّتِي تُوَفِّر التَّسْهِيْلاَت الاِجْتِمَاعِيَّة
( )
2-
الشَّوَارِع أَنْشَأَتْهَا
الْحُكُوْمَة لِمَصَالِحِ النَّاس جَمِيْعًا
( )
3-
يَقَع الْبُرْج الْقَوْمِيّ
فِي جَاكَرْتَا
( )
4-
نُشَاهِد الْبُرْج الْقَوْمِيّ
مِنْ فَوْق مَسْجِد اْلاِسْتِقْلاَل
( )
5-
مَسْجِدُ اْلاِسْتِقْلاَل
بَعِيْد جِدًّا عَنِ الْبُرْج الْقَوْمِيّ
( )
6-
الشَّوَارِع يَمُرّ فَوْقَهَا
النَّاس
( )
7-
فَوْقَ الشَّوَارِع جُسُوْر
يَمُرّ عَلَيْهَا النَّاس
( )
تَدْرِيْب (2)
أَجِب عَنِ اْلأَسْئِلَة
اْلآتِيَة وَفْقًا لِنَصِّ الْقِرَاءَة !
1- لِمَاذَا
تَبْنِي الْحُكُوْمَة التَّسْهِيْلاَت اْلاِجْتِمَاعِيَّة ؟
(
)
2- مَنْ
يَبْنِي دُوْرَ الْعِبَادَة فِي بِلاَدِنَا ؟
( )
3- مَاذَا
نُشَاهِد مِنْ فَوْق الْبُرْج الْقَوْمِيّ ؟
( )
4- اُذْكُر
مَنَافِعَ اْلإِنَارَة الْكَهْرَبَائِيَّة لِلنَّاس ؟
( )
5- أَيْنَ
يَمْشِي الْمُشَاة فِي الْمُدُن الْكَبِيْرَة ؟
( )
6- مَنْ
يُنَظِّم الْمُرُوْر ؟
( )
Seluruh
kegiatan pembelajaran ini telah diselesaikan pada:
Hari, tgl.: .................................................
Nilai:
|
Paraf
Siswa
|
Paraf
Guru
|
G. Penilaian
· Kognitif,
Akan dilakukan pada Tes Blok
· Afektif
Berdasarkan partisipasi dan keaktifan peserta
didik selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran.
·
Psikomotorik
Berdasarkan pada praktek
membaca dan penugasan pada tema yang sedang dibahas
KEGIATAN 3
المرافق
العامة (فى المدينة)
A.
Petunjuk Belajar
Pahami
istilah-istilah berikut:
أ) التقديم
Bagian ini
berupa paparan pendek, bertujuan untuk melatih keterampilan menyimak (الاستماع).
ب) الحوار
Bagian
ini merupakan materi dalam bentuk dialog, bertujuan untuk melatih keterampilan berbicara (الحوار/الكلام).
ج) القراءة
Bagian ini merupakan materi dalam bentuk bacaan / teks, bertujuan
untuk melatih keterampilan membaca (القراءة).
د) الكتابة
Bagian ini merupakan materi dalam bentuk insya
muwajjah, bertujuan untuk melatih keterampilan menulis (الكتابة).
هـ) التركيب
Bagian ini merupakan materi tarkib atau tata
bahasa, bertujuan untuk memantapkan penguasaan bentuk kata dan struktur
kalimat.
و) المفردات
Istilah mufradat ini adalah kosa kata, bertujuan
untuk membantu siswa dalam memahami teks atau paparan atau dialog.
B.
Kompetensi Belajar
1.
Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
Menulis
4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dengan tulisan Arab yang baik dan benar, tentang: Fasilitas umum (di Kota)
|
4.1.
Menyusun kalimat dengan benar, tentang:
المرافق العامة (فى
المدينة)
4.2. Menyusun paragraf dengan baik dan benar, tentang:
المرافق العامة (فى
المدينة)
|
2. Indikator
Menulis:
Ø
Menulis kalimat dengan
tulisan Arab
Ø
Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan oleh guru
Ø Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur
yang tepat
Ø Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
Ø
Membuat wacana/cerita sesuai tema
C. Sumber
Belajar dan Alokasi Waktu
1. Sumber
Belajar
a)
Buku paket pelajaran Bahasa Arab
b)
al ’Arabiyah Bayna Yadaik
c)
VCD
d)
Qawaidul Lughah al Arabiyah
2. Alokasi
Waktu
1 x pertemuan @ 90 menit
- Materi
المز يد بحرف واحد |
Diketahui,
bahwa فعل paling sedikit terdiri dari TIGA huruf seperti :
( نَزَلَ – قَدِمَ – حَفِظَ )
Kemudian
ditambah satu huruf, dua huruf, atau tiga huruf.
Yang
mendapat tambahan satu huruf (المَزِيْد بِحَرْف ) seperti pada kalimat ini :
1- نَزَلَ الْقُرْآنُ عَلَى مُحَمَّد
أَنْزَلَ اللهُ الْقُرْآنَ عَلَى مُحَمَّد
|
Alqur’an turun kepada Muhammad
Allah menurunkan Alqur’an kepada ….
|
2-
حَرُمَ الرِّبَا
حَرَّمَ اللهُ الرِّبَا
|
Riba itu haram
Allah mengharamkan riba
|
3-
حَفِظَ الرَّجُلُ الْقُرْآن
حَافَظَ الْمُسْلِمُوْن
عَلَى الصَّلَوَات
|
Orang itu menghafal Alqur’an
Orang itu menjaga shalat
|
*
Tiga wazan مزيد بِحرف sebagai berikut :
الفعل الماضي
|
الفعل المضارع
|
المصدر
|
1- أَفْعَلَ
|
يُفْعِلُ
|
إِفْعَالاً
|
2- فَعَّلَ
|
يُفَعِّلُ
|
تَفْعِيْلاً ، تَفْعِلَة
|
3- فَاعَلَ
|
يُفَاعِلُ
|
مُفَاعَلَة ، فِعَالاً
|
( Hafal 3
wazan di atas sekarang juga! )
* Bacalah tashrif wazan pertama ini berulang-ulang
!
إِفْعَالاً
|
يُفْعِلُ
|
أَفْعَلَ
|
|
إِفْعَالاً
|
يُفْعِلُ
|
أَفْعَلَ
|
إِيْمَانًا
إِقَامَةً
إِبَاحَةً
|
يُؤْمِنُ
يُقِيْمُ
يُبِيْحُ
|
آمَنَ
أَقَامَ
أَبَاحَ
|
|
إِخْرَاجًا
إِنْفَاقًا
إِشْرَاكًا
|
يُخْرِجُ
يُنْفِقُ
يُشْرِكُ
|
أَخْرَجَ
أَنْفَقَ
أَشْرَكَ
|
*
Bacalah tashrif bentuk kedua ini berulang-ulang !
تَفْعِلَة
|
يُفَعِّلُ
|
فَعَّل
|
|
تَفْعِيْلاً
|
يُفَعِّلُ
|
فَعَّل
|
تَرْبِيَة
تَزْكِيَة
تَلْبِيَة
تَهْنِئَة
|
يُرَبِّي
يُزَكِّي
يُلَبِّي
يُهَنِّئُ
|
رَبَّى
زَكَّى
لَبَّى
هَنَّأَ
|
|
تَحْرِيْمًا
تَكْلِيْفًا
تَحْقِيْقًا
تَأْكِيْدًا
|
يُحَرِّمُ
يُكَلِّفُ
يُحَقِّقُ
يُؤَكِّدُ
|
حَرَّمَ
كَلَّفَ
حَقَّقَ
أَكَّدَ
|
* Bacalah
tashrif bentuk ketiga ini berulang-ulang !
Ada di
antaranya yang mempunyai lebih dari satu bentuk mashdar
فَاعَل
|
يُفَاعِلُ
|
مُفَاعَلَةً
|
|
فَاعَل
|
يُفَاعِلُ
|
مُفَاعَلَةً / فِعَالاً
|
رَاقَبَ
ضَاعَفَ
|
يُرَاقِبُ
يُضَاعِفُ
|
مُرَاقَبَة
مُضَاعَفَة
|
|
جَاهَدَ
حَافَظَ
|
يُجَاهِدُ
يُحَافِظُ
|
مُجَاهَدَةً / جِهَادًا
مُحَافَظَةً/حِفَاظًا
|
* Makna awalan (أ) dan tasydid ( ّّّ ) banyak yang menunjukkan transitif (تَعْدِيَة ) seperti pada contoh di atas :
نَزَلَ --- أَنْزَلَ خَرَجَ --- أَخْرَجَ
(mengeluarkan) (keluar) (menurunkan) (turun)
حَرُمَ --- حَرَّمَ قَدِمَ ---
قَدَّم
(menyampaikan( (sampai) (mengharamkan) (haram
- Latihan
أ)
أَجِبْ عَنِ اْلأَسْئِلَة اْلآتِيَة!
1- هَلْ عَرَفْتَ
مَا الْمَرَافِق الْعَامَّة ؟
_________________________________________
2- لِمَاذَا تُوَفِّر
الْحُكُوْمَة التَّسْهِيْلاَت الْعَامَّة ؟
________________________________________
3- هَل
الْبُرْج الْقَوْمِيّ مِنَ التَّسْهِيْلاَت الْعَامَّة لِلنَّاس ؟
________________________________________
4-
مَاذَا يَعْمَل رِجَالُ
الشُّرْطَة فِي الْمَدِيْنَة ؟
________________________________________
5-
أَيْنَ يَمْشِي الْمُشَاة
فِي الْمَدِيْنَة الْكَبِيْرَة ؟
______________________________________
Nilai:
|
Paraf Siswa
|
Paraf Guru
|
- Tugas
ب) بَدِّل (أَنْ + الفِعْلُ
الْمُضَارِع) بِالْمَصْدَر !
مِثَال
: أُحِبّ أَنْ أَقْرَأَ فِي الْمَكْتَبَة
= أُحِبّ الْقِرَاءَة فِي الْمَكْتَبَة
أُحِبّ أَنْ أَقْرَأَ الْقِصَّة فِي الْمَكْتَبَة = أُحِبّ قِرَاءَةَ
الْقِصَّة فِي الْمَكْتَبَة .
1-
يَجِب عَلَى الْحُكُوْمَة
أَنْ تُوَفِّر التَّسْهِيْلاَت الْعَامَّة
( )
2-
يَجِب عَلَى الصَّائِم
أَنْ يُمْسِك عَنِ الْمُْفطِرَات.
( )
3-
أَرَادَ الشُّرْطِيّ أَنْ
يُنَظِّم الْمُرُوْر فِي الْمَدِيْنَة.
( )
4-
نَهَى اْلإِسْلاَم النَّاس
عَنْ أَنْ يُشْرِكُوا بِالله.
( )
5-
هَلْ نَسْتَطِيْع أَنْ
نُشَاهِد مَنَاظِرَ الْمَدِيْنَة مِنْ فَوْق الْبُرْج ؟
( )
6-
يُمْكِن لَنَا اْلآن أَن
نُحْسِن إِلَى الْفُقَرَاء وَالْمَسَاكِيْن
( )
ج- كَمِّل بِالْعِبَارَات
الْمُنَاسِبَة !
مِثَال : فِي السَّنَة الْمَاضِيَة أَنْشَأَتْ
الْحُكُوْمَة الشَّوَارِع ، وَالْيَوْم ....
وَالْيَوْم تُنْشِىء الْبُيُوْت وَالْجُسُوْر.
1- شَاهَدْتُ بِالأَمْس
مَنَاظِرَ الْمَدِيْنَة، وَغَدًا ....
2- بِالأَمْس
أَرَادَ أَحْمَد أَنْ يَرْجِع مِنَ الْمَدْرَسَة بَعْدَ الظُّهْر، وَالْيَوْم
....
3- فِي
الأُسْبُوْع الْمَاضِي نَظَّفَ الْكَنَّاس الْحَدَائِق ، وَفِي الأُسْبُوْع
الْقَادِم ....
4- صَبَاحَ
الْيَوْم عَلَّم الأُسْتَاذ عَلِيّ اللُّغَة الْعَرَبِيَّة، وَالآن ....
فِي
الشَّهْر الْمَاضِي سَافَرَ الطُّلاَّب إِلَى الْقَاهِرَة، وَفِي الشَّهْر
الْقَادِم ....
Seluruh
kegiatan pembelajaran ini telah diselesaikan pada:
Hari, tgl.:
.................................................
Nilai:
|
Paraf
Siswa
|
Paraf
Guru
|
د. إملا الفراغ !
المصدر
|
الفعل
المضارع
|
الفعل
الماضى
|
|
|
أشرك
|
|
يراقب
|
|
تربية
|
|
|
|
|
كلَّف
|
|
يقيم
|
|
مساعدة
|
|
|
|
|
صلّى
|
|
يؤمن
|
|
إحسانا
|
|
|
|
|
سلَّم
|
- Penilaian
·
Kognitif,
Akan dilakukan pada Tes Blok
1
·
Afektif
Berdasarkan partisipasi dan keaktifan peserta
didik selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran.
·
Psikomotorik
Berdasarkan pada praktek menulis dan penugasan
pada tema yang sedang dibahas
Kasi jawaban nya donk untuk soalnya
ReplyDelete