KEGIATAN 1
مَرْحَلَةَ
الْمُرَاهَقَة
A. Petunjuk
Belajar
Pahami
istilah-istilah berikut:
أ) التقديم
Bagian ini
berupa paparan pendek, bertujuan untuk melatih keterampilan menyimak (الاستماع).
ب) الحوار
Bagian
ini merupakan materi dalam bentuk dialog, bertujuan untuk melatih keterampilan berbicara (الحوار/الكلام).
ج) القراءة
Bagian ini merupakan materi dalam bentuk bacaan / teks, bertujuan
untuk melatih keterampilan membaca (القراءة).
د) الكتابة
Bagian ini merupakan materi dalam bentuk insya
muwajjah, bertujuan untuk melatih keterampilan menulis (الكتابة).
هـ) التركيب
Bagian ini merupakan materi tarkib atau tata
bahasa, bertujuan untuk memantapkan penguasaan bentuk kata dan struktur
kalimat.
و) المفردات
Istilah mufradat ini adalah kosa kata, bertujuan
untuk membantu siswa dalam memahami teks atau paparan atau dialog.
B. Kompetensi
Belajar
- Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
SK
|
KD
|
Menyimak
1.
Memahami informasi lisan
berbentuk paparan atau dialog tentang: Remaja
|
1.1. Mengidentifikasi
ujaran kata dan kalimat tentang:
حياة المراهقة
1.2. Menemukan gagasan atau makna dari ujaran kata atau kalimat tentang:
حياة المراهقة
|
Berbicara
2.
Mengungkapkan informasi, pikiran dan perasaan secara
lisan dalam bentuk paparan atau dialog tentang: Remaja
|
2.1. Melakukan dialog tentang:
حياة المراهقة
2.2. Menyampaikan informasi secara lisan
dalam kalimat tentang:
حياة المرا
|
- Indikator
Menyimak:
Ø Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat
yang didengar
Ø Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
Ø Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
Ø Menentukan tema dari wacana lisan
Ø Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
Ø Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana
lisan.
Ø Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau
sulit
Berbicara:
Ø Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
Ø Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan
intonasi yang tepat
Ø Menyampaikan informasi sesuai konteks
Ø Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
Ø Menjawab pertanyaan sesuai konteks
Ø Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
Ø Melakukan percakapan sesuai konteks
C. Sumber
Belajar dan Alokasi Waktu
- Sumber Belajar
a)
Buku paket pelajaran Bahasa Arab
b)
al ’Arabiyah Bayna Yadaik
c)
VCD
d)
Qawaidul Lughah al Arabiyah
- Alokasi Waktu
1 x pertemuan
@ 90 menit
D. Materi
التقديم
بَلَغَ الطُّلاَّب وَالطَّالِبَات اْلآن مَرْحَلَةَ الْمُرَاهَقَة،
وَهِيَ مَرْحَلَة بَعْدَ مَرْحَلَةِ الطُّفُوْلَة. وَهِيَ مَرْحَلَة هَامَّة فِي بِنَاءِ
جِسْمِهِمْ وَعَقْلِهِمْ وَفِي تَحْقِيْقِ
آمَالِهِمْ فِي الْحَيَاة. يَنْمُو جِسْمُهُمْ وَعَقْلُهُمْ فِي هذِهِ الْمَرْحَلَة
نُمُوًّا سَرِيْعًا .أَيُّهَا
الْمُرَاهِقُوْن ! يَجِب عَلَيْكُم أَنْ تُنَظِّمُوْا حَيَاتَكُمْ ، وَتُقَسِّمُوْا أَوْقَاتَكُمْ
بَيْنَ الرَّاحَة وَالْعَمَل، وَبَيْنَ الدِّرَاسَة وَالرِّيَاضَة وَلاَ تَقْضُوا أَوْقَاتَكُمْ
بِطُوْلِ السَّهَر وَغَيْرِ ذلِكَ مِنَ اْلأَعْمَال غَيْرِ النَّافِعَة لِمُسْتَقْبَلِ
حَيَاتِكُم
(تعليم
اللغة العربية)
* المفردات
الاسم / الفعل
|
المعنى
|
الاسم / الفعل
|
المعنى
|
الطُّلاَّب
|
Siswa (L)
|
تَحْقِيْقِ
|
Mewujudkan
|
الطَّالِبَات
|
Siswa
(P)
|
آمَالِهِمْ
|
Cita-cita (mereka)
|
مَرْحَلَةَ الْمُرَاهَقَة
|
Masa
Remaja
|
نُمُوًّا سَرِيْعًا
|
Pertumbuhan yang cepat
|
مَرْحَلَةِ الطُّفُوْلَة
|
Masa
Kanak-Kanak
|
الْمُرَاهِقُوْن
|
Para Remaja
|
هَامَّة
|
Penting
|
أَوْقَاتَكُمْ
|
Waktu-waktu (mereka)
|
بِنَاءِ
|
Membangun
|
الرَّاحَة
|
Istirahat
|
جِسْمِهِمْ
|
Fisik
(mereka)
|
الرِّيَاضَة
|
Olahraga
|
عَقْلِهِمْ
|
Intelektual
(mereka)
|
وَلاَ تَقْضُوا
|
Dan janganlah (kalian) menghabiskan
|
النَّافِعَة
|
Yang
bermanfaat
|
بِطُوْلِ السَّهَر
|
Begadang
|
ِلمُسْتَقْبَلِ
|
Untuk
menghadapi
|
آمَالُنَا فِي الْمُسْتَقْبَل
أ-
أمثلة لأساليب الحوار
الأسئلة
|
الأجوبة
|
- مَاذَا تُرِيْد أَنْ تَكُوْنَ فِي الْمُسْتَقْبَل
؟
- هَلْ
تُرِيْد أَنْ تَكُوْنَ طَبِيْبًا ؟
- وَأَنْتَ يَا ... هَلْ تُرِيْد أَنْ تَكُوْنَ
مُحَامِيًا ؟
- وَأَنْتَ يَا ...، مَاذَا تَخْتَار ؟
- مَاذَا
تُرِيْدِيْن ؟ هَلْ تُرِيْدين أَنْ تَكُوْني واعِظة
|
أرِيْد
أَنْ أكُوْنَ طَبِيْبًا
أُحِبُّ
أن أكُون دَاعِيًا أَوْ وَاعِظًا
أَتَمَنَّى
أَنْ أَكُوْنَ صَحَفِيًّا
أَتَمَنَّى أَنْ أَكُوْنَ مُهَنْدِسًا ِلأَبْنِي ...
أُفَضِّل الصِّحَافَة، لأكتُب في ....
|
ب-
أَجْرِ الحوار مع زملائك كما يلي !
مريم : مَاذَا تُرِيْد أَنْ تَكُوْنَ فِي الْمُسْتَقْبَل
؟
هَلْ تُرِيْد أَنْ تَكُوْنَ طَبِيْبًا ؟
عُمَر : لاَ أَظُنُّ، يَا مريم (saya kira, tidak)
إنّي أخاف المرَض، وأنت يا خالد ؟
خالد :
أََتَمَنَّى أَنْ أَكُوْنَ مُهَنْدِسًا ِلأَبْنِيَ الْبُيُوْت وَالْعِمَارَات،
وَأَنْتِ يا لَيْلَى ، ماذا تَخْتَارِيْنَ ؟
ليلى : أَنَا أُحِبّ أَنْ أُكَمِّلَ دِرَاسَتِي فِي
جَامِعَة دِيْنِيَّة، ِلأَكُوْنَ واعظة .
عمر : هذا مُنَاسِب، فَأَنْتِ مَاهِرة فِي الْخِطَابَة
فَرِيْدَة : أما
أنا فأُحِبّ أَنْ أَكُوْنَ مُدَرِّسَة.
مريم : عَظِيْم،
التَّدْرِيْس مِهْنَة نَافِعَة جِدًّا !
E. Latihan
Nilai:
|
Paraf Siswa
|
Paraf Guru
|
F. Tugas
اكتب المحادثة بينك و زميل أو زميلتك عن
مستقبلك !
A : ________________________________________
B : ________________________________________
A : ________________________________________
B : ________________________________________
A : ________________________________________
B : ________________________________________
A : ________________________________________
B : ________________________________________
A : ________________________________________
B : ________________________________________
A : ________________________________________
B : ________________________________________
A : ________________________________________
B : ________________________________________
Seluruh
kegiatan pembelajaran ini telah diselesaikan pada:
Hari, tgl.:
.................................................
Nilai:
|
Paraf
Siswa
|
Paraf
Guru
|
G. Penilaian
Aspek :
·
Kognitif,
Akan
dilakukan pada Tes Blok
·
Afektif
Berdasarkan
partisipasi dan keaktifan peserta didik selama berlangsungnya kegiatan
pembelajaran.
·
Psikomotorik
Berdasarkan
pada penugasan dalam menentukan tema
dari suatu paparan dan praktek percakapan secara berpasangan.
KEGIATAN 2
مَرْحَلَةَ
الْمُرَاهَقَة
A.
Petunjuk Belajar
Pahami
istilah-istilah berikut:
أ) التقديم
Bagian ini
berupa paparan pendek, bertujuan untuk melatih keterampilan menyimak (الاستماع).
ب) الحوار
Bagian
ini merupakan materi dalam bentuk dialog, bertujuan untuk melatih keterampilan berbicara (الحوار/الكلام).
ج) القراءة
Bagian ini merupakan materi dalam bentuk bacaan / teks, bertujuan
untuk melatih keterampilan membaca (القراءة).
د) الكتابة
Bagian ini merupakan materi dalam bentuk insya
muwajjah, bertujuan untuk melatih keterampilan menulis (الكتابة).
هـ) التركيب
Bagian ini merupakan materi tarkib atau tata
bahasa, bertujuan untuk memantapkan penguasaan bentuk kata dan struktur
kalimat.
و) المفردات
Istilah mufradat ini adalah kosa kata, bertujuan
untuk membantu siswa dalam memahami teks atau paparan atau dialog.
B.
Kompetensi Belajar
1.
Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
Membaca
3.
Memahami wacana tulis dalam bentuk paparan atau dialog tentang: Remaja
|
3.1. Melafalkan kata, kalimat dan wacana tertulis tentang:
حياة المراهقة
3.2. Menemukan makna, gagasan atau ide wacana tertulis
tentang:
حياة المراهقة
3.3. Meengidentifikasi kata, frasa dan kalimat dalam
wacana tertulis dan fungsinya tentang:
حياة المراهقة
|
2.
Indikator
Membaca:
Ø Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
Ø Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi
dan lafal yang tepat
Ø Menentukan tema wacana tulis
Ø Menentukan ide pokok dari wacana tulis
Ø Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
Ø Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
Ø Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu
dari wacana tulis
Ø Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
Ø
Menjawab pertanyaan mengenai
informasi rinci dari wacana tulis
C. Sumber
Belajar dan Alokasi Waktu
a. Sumber
Belajar
a)
Buku paket pelajaran Bahasa Arab
b)
al ’Arabiyah Bayna Yadaik
c)
VCD
d)
Qawaidul Lughah al Arabiyah
b. Alokasi
Waktu
1
x pertemuan @ 90 menit
D. Materi
مَرْحَلَةُ
الْمُرَاهَقَة
أَلْقَى الشَّيْخ عَبْدُ الله مُحَاضَرَةً
دِيْنِيَّة أَمَامَ الطُّلاَّب وَالطَّالِبَات تَحْتَ مَوْضُوْع : (مَرْحَلَةُ الْمُرَاهَقَة) . وَمِنْ كَلاَمِ
الشَّيْخ : بَلَغْتُمْ اْلآن مَرْحَلَةَ الْمُرَاهَقَة، وَهِيَ مَرْحَلَة بَعْدَ مَرْحَلَةِ
الطُّفُوْلَة. وَهِيَ مَرْحَلَة هَامَّة فِي حَيَاتِكُمْ وَفِي بِنَاءِ جِسْمِكُمْ
وَعَقْلِكُمْ وَفِي تَحْقِيْقِ آمَالِكُمْ
فِي الْحَيَاة. يَنْمُو جِسْمُكُمْ فِي هذِهِ الْمَرْحَلَة
نُمُوًّا سَرِيْعًا، فَيَجِب عَلَيْكُمْ أَنْ تَأْكُلُوا الطَّعَام الْجَيِّد وَتُمَارِسُوا
الرِّيَاضَة وَيَنْمُو كَذلِكَ عَقْلُكُمْ فِي هذِهِ الْمَرْحَلَة نُمُوًّا سَرِيْعًا، يَجِب عَلَيْكُم أَنْ
تُنَظِّمُوْا حَيَاتَكُمْ ، وَتُقَسِّمُوْا أَوْقَاتَكُمْ بَيْنَ الرَّاحَة وَالْعَمَل، وَبَيْنَ الدِّرَاسَة وَالرِّيَاضَة وَلاَ تَقْضُوا أَوْقَاتَكُمْ
بِطُوْلِ السَّهَر وَغَيْرِ ذلِكَ مِنَ اْلأَعْمَال غَيْرِ النَّافِعَة لِمُسْتَقْبَلِ
حَيَاتِكُم ! وَلِلْمُرَاهِقِيْن وَالْمُرَاهِقَات آمَال رَفِيْعَة فِي مُسْتَقْبَلِ
الْحَيَاة هذَا يُرِيْد أَنْ يَكُوْنَ طَبِيْبًا يُعَالِج الْمَرْضَى فِي الْمُسْتَشْفَيَات وَذلِكَ يَتَمَنَّى أَنْ
يَكُوْنَ مُهَنْدِسًا ِليَبْنِيَ الْبُيُوْت وَالْعِمَارَات . وَهذِهِ تُحِبّ أَنْ تَكُوْنَ
مُدَرِّسَة. وَتِلْكَ تَتَمَنَّى أَنْ تَكُوْنَ صَحَفِيَّة لِتَكْتُبَ فِي
مُشْكِلاَت الْمُجْتَمَع. وَآخَر يُفَضِّل أَنْ يُكَمِّلَ دِرَاسَتَهُ فِي جَامِعَة
دِيْنِيَّة لِيَكُوْنَ دَاعِيًا لِلإِسْلاَم. وَسَادِس : يُفَضِّل أَنْ يَكُوْنَ مُحَامِيًا وَسَابِع : يَخْتَار أَنْ يَكُوْنَ لاَعِبًا مَشْهُوْرًا
فِي كُرَةِ الْقَدَم . يَتَحَدَّث عَنْهُ
النَّاس ، وَتَكْتُب عَنْهُ الصُّحُف.
E. Latihan
اقرأ
هذا النص بحركات صحيحة !
مرحلة
المراهقة
ألقى الشيخ عبد الله
محاضرة دينيّة أمام الطلاب والطالبات تحت موضوع : مرحلة المراهقة . ومن كلام الشيخ : بلغتم الآن
مرحلة المراهقة، وهي مرحلة بعد مرحلة الطفولة. وهي مرحلة هامّة في حياتكم وفي بناء
جسمكم وعقلكم . وفي تحقيق آمالكم في الحياة. ينمُو جسمكم في هذه المرحلة نموّا
سريعا، فيجب عليكم
أن تأكلوا الطعام الجيّد وتمارسوا الرياضة وينمو كذلك عقلكم في هذه المرحلة نموّا
سريعا، يجب أن تنظّموا
حياتكم ، وتقسّموا أوقاتكم بين الراحة والعمل، وبين الدراسة والرياضة ولا تقضُوا أوقاتكم
بطول السهر وغير ذلك من أعمال غير نافعة لمستقبل حياتكم ! وللمراهين والمراهقات آمال رفيعة في مستقبل الحياة هذا يريد أن يكون
طبيبا يعالج المرضى في المستشفيات وذلك يتمنىّ أن يكون مهندسا ليبني البيوت والعمارات . وهذه تحبّ أن تكون مدرّسة. وتلك تتمنىّ أن تكون
صحفيّة لتكتب في مشكلات المجيمع . وآخر يفضّل أن يكمّل دراسته في جامعة دينيّة ليكون داعية
للإسلام . وسادس :
يفضّل أن يكون محاميا. وسابع : يختار أن
يكون لاعبا مشهورا في كرة القدم . يتحدّث عنه الناس، وتكتب عنه الصحف .
Nilai:
|
Paraf Siswa
|
Paraf Guru
|
F. Tugas
تدريبات على القراءة
تَدْرِيْب (1)
قُلْ صَحِيْح أَوْ خَطَأ
وَفْقًا لِنَصِّ الْقِرَاءَة السَّابِق وَصحِّح الْخَطَأ !
1-
تَحَدَّثَ الشَّيْخ عَبْدُ
الله عَنْ أَهَمِّيَةِ الْمُحَاضَرَة الدِّيْنِيَّة
(
)
2-
تَأْتِي مَرْحَلَةُ الْمُرَاهَقَة
بَعْدَ مَرْحَلَةِ الطُّفُوْلَة
( )
3-
يَنْمُو جِسْمُ اْلإِنْسَان
وَعَقْلُهُ نُمُوًّا سَرِيْعًا طُوْلَ حَيَاتِه
(
)
4-
يَجِب عَلَى الْمُرَاهِقِيْن
أَنْ يُنَظِّمُوا حَيَاتَهُم تَنْظِيْمًا حَسَنًا
(
)
5-
يَجِب عَلَى الْمُرَاهِقِيْن
أَنْ يَقْضُوا أَوْقَاتَهُم بِطُوْلِ السَّهَر
(
)
6-
طُوْلُ السَّهَر يَضُرُّ
مُسْتَقْبَلَ حَيَاةِ الطُّلاَّب وَالطَّالِبَات
(
)
7-
يَعْمَل الطَّبِيْب فِي
الْمُسْتَشْفَى
( )
8-
يَتَحَدَّث اللاَّعِب
الْمَشْهُوْر عَنْ أَحْوَالِ النَّاس
( )
تَدْرِيْب (2)
أَجِب عَنِ اْلأَسْئِلَة
اْلآتِيَة وَفْقًا لِنَصِّ الْقِرَاءَة !
1- هَلْ
طُلاَّبُ الْمَدْرَسَة الثَّانَوِيَّة مِنَ الْمُرَاهِقِيْن ؟
________________________________________
2- لِمَاذَا
تُعْتَبَر مَرْحَلَةُ الْمُرَاهَقَة مَرْحَلَةً هَامَّة فِي حَيَاةِ اْلإِنْسَان ؟
________________________________________
3- هَلْ
يُمَارِس كُلُّ مُرَاهِق الرِّيَاضَة الْبَدَنِيَّة ؟
________________________________________
4- مَنْ
يَسْتَطِيْع أَنْ يَأْكُل طَعَامًا جَيِّدًا ؟
________________________________________
5- مَاذَا
يَعْمَل الْمُهَنْدِس ؟
________________________________________
6- مَاذَا
يَعْمَل الصَّحَفِيّ ؟
________________________________________
تَدْرِيْب (3)
ترجم
هذه المفردات إلى اللغة الاندونيسية !
الاسم / الفعل
|
المعنى
|
الاسم / الفعل
|
المعنى
|
أَلْقَى
|
مُهَنْدِسًا
|
||
مُحَاضَرَةً دِيْنِيَّة
|
ِليَبْنِيَ
|
||
بَلَغْتُمْ اْلآن
|
الْبُيُوْت
|
||
وَتُمَارِسُونَ
|
الْعِمَارَات
|
||
الرِّيَاضَة
|
صَحَفِيَّة
|
||
تُنَظِّمُوْنَ
|
مُشْكِلاَت الْمُجْتَمَع
|
||
الرَّاحَة
|
مُحَامِيًا
|
||
وَالْعَمَل
|
لاَعِبًا مَشْهُوْرًا
|
||
يُعَالِج الْمَرْضَى
|
كُرَةِ الْقَدَم
|
||
الْمُسْتَشْفَيَات
|
الصُّحُف
|
||
يُكَمِّلَ دِرَاسَتَهُ
|
جَامِعَة دِيْنِيَّة
|
Seluruh
kegiatan pembelajaran ini telah diselesaikan pada:
Hari, tgl.:
.................................................
Nilai:
|
Paraf
Siswa
|
Paraf
Guru
|
G. Penilaian
· Kognitif,
Akan dilakukan pada Tes Blok
· Afektif
Berdasarkan partisipasi dan keaktifan peserta
didik selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran.
·
Psikomotorik
Berdasarkan pada praktek
membaca dan penugasan pada tema yang sedang dibahas
KEGIATAN 3
مَرْحَلَةَ
الْمُرَاهَقَة
A.
Petunjuk Belajar
Pahami
istilah-istilah berikut:
أ) التقديم
Bagian ini
berupa paparan pendek, bertujuan untuk melatih keterampilan menyimak (الاستماع).
ب) الحوار
Bagian
ini merupakan materi dalam bentuk dialog, bertujuan untuk melatih keterampilan berbicara (الحوار/الكلام).
ج) القراءة
Bagian ini merupakan materi dalam bentuk bacaan / teks, bertujuan
untuk melatih keterampilan membaca (القراءة).
د) الكتابة
Bagian ini merupakan materi dalam bentuk insya
muwajjah, bertujuan untuk melatih keterampilan menulis (الكتابة).
هـ) التركيب
Bagian ini merupakan materi tarkib atau tata
bahasa, bertujuan untuk memantapkan penguasaan bentuk kata dan struktur
kalimat.
و) المفردات
Istilah mufradat ini adalah kosa kata, bertujuan
untuk membantu siswa dalam memahami teks atau paparan atau dialog.
B.
Kompetensi Belajar
1.
Standar Kompetensi dan Kompetensi
Dasar
Menulis
4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan dan informasi dengan tuisan Arab
yang baik dan benar, tentang: Remaja
|
4.1.
Menyusun kalimat dengan benar, tentang:
حياة المراهقة
4.2. Menyusun paragraf dengan baik dan benar, tentang:
حياة المراهقة
|
2. Indikator
Menulis:
Ø
Menulis kalimat dengan
tulisan Arab
Ø
Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan oleh guru
Ø Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan
struktur yang tepat
Ø Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
Ø
Membuat wacana/cerita sesuai tema
C. Sumber
Belajar dan Alokasi Waktu
1. Sumber
Belajar
a)
Buku paket pelajaran Bahasa Arab
b)
al ’Arabiyah Bayna Yadaik
c)
VCD
d)
Qawaidul Lughah al Arabiyah
2. Alokasi
Waktu
1 x pertemuan @ 90 menit
- Materi
التركيب
أن + الفعل
(أ)
أَتَمَنَّى أَنْ أَكُوْنَ
صَحَفِيًّا
مَاذَا تُرِيْد أَنْ تَكُوْنَ
فِي الْمُسْتَقْبَل ؟ (Ingin menjadi apa nanti ?)
هَلْ تُحِبّ أَنْ تَكُوْنَ مُدَرِّسًا ؟ (Apakah
Anda ingin menjadi guru?)
أُرِيْد
|
أًَنْ أَكُوْنَ
(menjadi)
|
مُدَرِّسًِا
طَبِيْبَةً
مُهَنْدِسًا
دَاعِيَةً
إِلَى اْلإِسْلاَم
لاَعِبًا
مَشْهُوْرًا
|
أُحِبُّ
|
||
أَتَمَنَّى
|
الضمير
|
الفعل
|
الفعل
|
الاسم
|
هو
|
يُرِيْدُ
|
أَنْ يَكُوْنَ
|
مُدَرِّسًا
|
هما
|
يُرِيْدانِ
|
أَنْ يَكُوْنَا
|
مُدَرِّسَيْنِ
|
هم
|
يُرِيْدُوْنَ
|
أَنْ يَكُوْنُوْا
|
مُدَرِّسِيْنَ
|
هي
|
تُرِيْدُ
|
أَنْ تَكُوْنَ
|
مُدَرِّسَةً
|
هما
|
تُرِيْدَانِ
|
أَنْ تَكُوْنَا
|
مُدَرِّسَتَيْنِ
|
هن
|
يُرِدْنَ
|
أَنْ يَكُنَّ
|
مُدَرِّسَاتٍ
|
أنتَ
|
تُرِيْدُ
|
أَنْ تَكُوْنَ
|
مُدَرِّسًا
|
أنتما
|
تُرِيْدَانِ
|
أَنْ تَكُوْنَا
|
مُدَرِّسَيْنِ
|
أنتم
|
تُرِيْدُوْنَ
|
أَنْ تَكُوْنُوْا
|
مُدَرِّسِيْنَ
|
أنتِ
|
تُرِيْدِيْنَ
|
أَنْ تَكُوْنِيْ
|
مُدَرِّسَةً
|
أنتما
|
تُرِيْدَانِ
|
أَنْ تَكُوْنَا
|
مُدَرِّسَتَيْنِ
|
أنتن
|
تُرِدْنَ
|
أَنْ تَكُنَّ
|
مُدَرِّسَاتٍ
|
انا
|
أُرِيْدُ
|
أَنْ أَكُوْنَ
|
مُدَرِّسًا أو مُدَرِّسَةً
|
نحن
|
نُرِيْدُ
|
أَنْ نَكُوْنَ
|
مُدَرِّسِيْنَ أو مُدَرِّسَاتٍ
|
- Latihan
املإ الفراغ ثم ترجم
الى اللغة اْلإِنْدُوْنِيْسِيَّة !
1-
أَنَا أُفَضِّل ( ) صَحَفِيَّةً
________________________________________
2- يُحِبّ يُوْسُف ( ) دِرَاسَتَهُ فِي جَامِعَة إِسْلاَمِيَّة
________________________________________
3- تُرِيْد فاطمة ( ) دُرُوْسَهَا فِي الْمَكْتَبَة
________________________________________
4- أَنْتِ تَسْتَطِيْعِيْنَ ( ) صَحَفِيّةً
________________________________________
5- يَجِب عَلَيْكُنَّ ( ) حَيَاتَك ____________________________________________
7-
يَجِب عَلَيْكُم (
) حَيَاتَكُم
________________________________________
8-
يُحِبُّ الطُّلابُ ( ) مُهَنْدِسِيْنَ
________________________________________
9-
هَلْ تُحِبَّانِ ( ) مُدَرِّسَيْنِ ؟
________________________________________
10-
نُحِبُّ ( ) ( )
________________________________________
Nilai:
|
Paraf Siswa
|
Paraf Guru
|
- Tugas
(1)
املإ
الفراغ !
الضمير
|
الفعل
|
الفعل
|
الاسم
|
هو
|
يُحِبُّ
|
أَنْ يَكُوْنَ
|
صَحَفِيًّا
|
هما
|
|||
هم
|
|||
هي
|
|||
هما
|
|||
هن
|
|||
أنتَ
|
|||
أنتما
|
|||
أنتم
|
|||
أنتِ
|
|||
أنتما
|
|||
أنتن
|
|||
انا
|
|||
نحن
|
(2)
اِخْتَر
الْمُنَاسِب !
1- أُحِبّ
أَنْ ( أَكُوْنَ – أَخْتَارَ – أَجْعَلَ) مُدَرِّسَة .
( )
2- يَا
عَائِشَة، هَلْ تُحِبِّيْن أَنْ ( أَكُوْنَ – تَكُوْنَ – تَكُوْنِي) صَحَفِيَّة ؟
(
)
3- يَا
أَحْمَد هَلْ تَتَمَنَّى أَنْ (أَكُوْنَ – تَكُوْنَ – تَكُوْنِي) دَاعِيًا إِلَى اْلإِسْلاَم
؟
(
)
4- يُحِبّ
الطَّالِب أَنْ ( أَذْهَبَ – يَذْهَبَ – تَذْهَبَ ) إِلَى الْمَكْتَبَة .
(
)
5- الْمُدَرِّسَة
تُرِيْد أَن ( تَقْرَأَ - يَقْرَأَ – نَقْرَأَ ) عَلَيْنَا بَعْضَ الدُّرُوْس.
(
)
6- (أَجِب- تَجِب – يَجِب) عَلَيْكَ
أَنْ تُصَلِّيَ خَمْسَ مَرَّات فِي الْيَوْم.
(
)
7- هَلْ
( يُمْكِن – تُمْكِن – تُمْكِنُوْن) لَكُم أَنْ تَقْرَؤُوا هذَا الدَّرْس ؟
(
)
8- الْمُدَرِّسُ
يُرِيْد أَن ( تَقْرَأَ - يَقْرَأَ – نَقْرَأَ ) عَلَيْنَا بَعْضَ الدُّرُوْس
(
)
9- يَا
فَرِيدة هَلْ تُرِيْدِيْنَ أَنْ (أَكُوْنَ – تَكُوْنَ – تَكُوْنِي) دَاعِيةً إِلَى
اْلإِسْلاَم ؟
(
)
10-
نُحِبُّ أَنْ ( نَكُوْنَ
– تَكُوْنَ – نَكُوْنُ) مُهَنْدِسِيْنَ
(
)
Seluruh
kegiatan pembelajaran ini telah diselesaikan pada:
Hari, tgl.:
.................................................
Nilai:
|
Paraf
Siswa
|
Paraf
Guru
|
- Penilaian
·
Kognitif,
Akan dilakukan pada Tes Blok
1
·
Afektif
Berdasarkan partisipasi dan keaktifan peserta
didik selama berlangsungnya kegiatan pembelajaran.
·
Psikomotorik
Berdasarkan pada praktek menulis dan penugasan
pada tema yang sedang dibahas
No comments:
Post a Comment