Wednesday, April 26, 2017

Day 3 : Mengamati Gaya Belajar Eza



Setelah saya membaca beberapa referensi tentang gaya belajar anak, ada beberapa hal yang bisa dilakukan orang tua untuk mengamati gaya belajar anak. Misalnya untuk mengamati gaya belajar visual, anak disodorkan gambar, film, grafik, trus lihat respon anak, apa bisa duduk diam untuk memperhatikan gambar dan film dalam waktu lama. Kalau iya, bisa jadi anak itu type visual. Kalau ga bisa duduk diam, sambil lari-lari pecicilan, berarti anaknya type kinestetik. Sedangkan untuk type auditori, bisa disodorkan lagu, dibacakan cerita, nah betah ga dia mendengarkan. Kalau iya, bisa jadi anaknya type auditori. Saya beberapa kali membacakan cerita pada Eza, mau sih mendengarkan tapi biasanya ga lama, dan yang bikin bosan adalah, dia pengennya hanya dibacakan satu buku yaitu si dotty, si pesawat terbang.

Beberapa hari yang lalu, saat saya mengantar orangtua ke BCA Tasikmalaya, ternyata agak lama urusannya. Saya mulai berkeliling biar Eza gak bosan, maklum senangnya bergerak kesana kemari. Saat saya masuk ke dalam bank nya, alhamdulillah ada area ruang bermain anak dengan balok-balok seadanya. Daripada ga ada sama sekali, lumayan lah. Akhirnya saya ajak Eza maen kesitu, trus dia duduk sendiri sambil bermain balok. Ternyata anteng juga.


Konon, type kinestetik ga bisa diam duduk manis. Sepertinya Eza ada type visual nya juga. Kalau nonton film anak, ia betah berlama-lama. Sama halnya saat saya ajak Eza bermain outdoor, itu sudah girang banget. Saya takjub saat dia bisa memanjat papan perosotan yang sebenarnya itu buat wahana tantangan bersepeda. Sama Eza, itu dibuat perosotan dan dia bisa mencapai atas hanya dengan memanjat. Saya amati cara dia naik, sungguh itu tak mudah bagi anak. Bahkan jika saya mencoba pun, saya belum tentu bisa. Disinilah saya mulai melihat bahwa type kinestetik dia memang lebih dominan. Besok kita coba lagi permainan lainnya buat Eza.



Semoga Bermanfaat

Rabu, 260417.14.40
#odopfor99days#part2#day76
#tantangan10hari
#GameLevel4
#GayaBelajarAnak
#Day3
#KuliahBunsayIIP


No comments:

Post a Comment

Postingan Favorit