Aspek yang dibahas adalah kematangan sosial, kekuasaan keluarga, kematangan akal, kematangan emosi, profesi, penggunaan waktu luang dan falsafah hidup. Dari aspek-aspek tersebut, terlihat perbedaan mencolok antara masa kanak-kanak dan masa remaja yang berefek pada penggunaan metode yang berbeda dalam pendidikan dan pembinaannya.
Berikut adalah paparannya :
ASPEK 
 | 
  
FASE AKHIR ANAK-ANAK 
 | 
  
FASE REMAJA 
 | 
 
KEMATANGAN SOSIAL 
 | 
  Perasaan tidak meyakini orang lain | Merasa aman dan percaya kepada orang lain | 
| Bergaul dengan banyak teman | Memilih satu teman akrab | |
| Tidak memiliki toleransi sosial | Memiliki toleransi sosial | |
| Meniru seseorang secara langsung | Tidak meniru seseorang secara langsung | |
KEKUASAAN KELUARGA 
 | 
  Mutlak di bawah pengontrolan kedua orang tua | Dapat mengontrol diri sendiri | 
| Berlindung kepada orangtua untuk mendapat keamanan | Berlindung kepada diri sendiri untuk mendapatkan keamanan | |
| Memperlakukan orangtua sebagai figur yang dicontoh | Memperlakukan orang tua sebagai teman | |
KEMATANGAN AKAL 
 | 
  Membenarkan sesuatu secara buta | Mencari dalil sebelum menerima | 
| Menginginkan kebenaran | Ingin menafsirkan kebenaran | |
| Banyak memiliki kecenderungan baru | Memiliki kecenderungan yang sedikit tapi pasti | |
KEMATANGAN EMOSI 
 | 
  Luapan emosinya belum matang | Luapan emosinya tidak membahayakan juga tidak membangun | 
| Penafsiran subjektif terhadap peristiwa | Penafsiran objektif terhadap peristiwa | |
| Kekhawatiran yang kekanak-kanakan dan perlindungan kekanak-kanakan | Kematangan motif dalam menghadapi pengaruh | |
| Biasanya lari dari konflik | Menghadapi dan menyelesaikan konflik | |
PROFESI 
 | 
  Menyukai pekerjaan yang kontras | Menyukai pekerjaan yang praktis | 
| Menyukai banyak pekerjaan | Menyukai satu pekerjaan | |
| Kurang mempertimbangkan kemampuan pribadi | Mengenal baik kemampuan pribadi | |
| Tidak adanya kesesuaian antara keinginan dengan kemampuan | Sesuai antara keinginan dengan kemampuan | |
PENGGUNAAN WAKTU LUANG 
 | 
  Menyukai permainan aktif yang tidak teratur | Menyukai permainan kelompok yang logis | 
| Menginginkan keberhasilan pribadi | Menyukai keberhasilan tim | |
| Ingin mengikuti permainan | Suka menonton permainan | |
| Memiliki hobi yang banyak | Memiliki satu atau dua hobi | |
| Bergabung dengan sejumlah klub | Masuk dalam satu klub saja | |
FALSAFAH HIDUP 
 | 
  Tidak peduli dengan peraturan umum | Peduli dan memahami peraturan umum | 
| Perilakunya mengacu pada kebiasaan tertentu yang diajarkan | Perilakunya mengacu pada landasan etika secara umum | |
| Perilaku dimotivasi untuk tercapainya kebahagiaan dan terwujudnya cita-cita | Perilaku berangkat dari rasa kewajiban | 
Ahad 18 September 2016. 21.42
#ODOPfor99days
#day131

No comments:
Post a Comment