Aspek yang dibahas adalah kematangan sosial, kekuasaan keluarga, kematangan akal, kematangan emosi, profesi, penggunaan waktu luang dan falsafah hidup. Dari aspek-aspek tersebut, terlihat perbedaan mencolok antara masa kanak-kanak dan masa remaja yang berefek pada penggunaan metode yang berbeda dalam pendidikan dan pembinaannya.
Berikut adalah paparannya :
ASPEK
|
FASE AKHIR ANAK-ANAK
|
FASE REMAJA
|
KEMATANGAN SOSIAL
|
Perasaan tidak meyakini orang lain | Merasa aman dan percaya kepada orang lain |
| Bergaul dengan banyak teman | Memilih satu teman akrab | |
| Tidak memiliki toleransi sosial | Memiliki toleransi sosial | |
| Meniru seseorang secara langsung | Tidak meniru seseorang secara langsung | |
KEKUASAAN KELUARGA
|
Mutlak di bawah pengontrolan kedua orang tua | Dapat mengontrol diri sendiri |
| Berlindung kepada orangtua untuk mendapat keamanan | Berlindung kepada diri sendiri untuk mendapatkan keamanan | |
| Memperlakukan orangtua sebagai figur yang dicontoh | Memperlakukan orang tua sebagai teman | |
KEMATANGAN AKAL
|
Membenarkan sesuatu secara buta | Mencari dalil sebelum menerima |
| Menginginkan kebenaran | Ingin menafsirkan kebenaran | |
| Banyak memiliki kecenderungan baru | Memiliki kecenderungan yang sedikit tapi pasti | |
KEMATANGAN EMOSI
|
Luapan emosinya belum matang | Luapan emosinya tidak membahayakan juga tidak membangun |
| Penafsiran subjektif terhadap peristiwa | Penafsiran objektif terhadap peristiwa | |
| Kekhawatiran yang kekanak-kanakan dan perlindungan kekanak-kanakan | Kematangan motif dalam menghadapi pengaruh | |
| Biasanya lari dari konflik | Menghadapi dan menyelesaikan konflik | |
PROFESI
|
Menyukai pekerjaan yang kontras | Menyukai pekerjaan yang praktis |
| Menyukai banyak pekerjaan | Menyukai satu pekerjaan | |
| Kurang mempertimbangkan kemampuan pribadi | Mengenal baik kemampuan pribadi | |
| Tidak adanya kesesuaian antara keinginan dengan kemampuan | Sesuai antara keinginan dengan kemampuan | |
PENGGUNAAN WAKTU LUANG
|
Menyukai permainan aktif yang tidak teratur | Menyukai permainan kelompok yang logis |
| Menginginkan keberhasilan pribadi | Menyukai keberhasilan tim | |
| Ingin mengikuti permainan | Suka menonton permainan | |
| Memiliki hobi yang banyak | Memiliki satu atau dua hobi | |
| Bergabung dengan sejumlah klub | Masuk dalam satu klub saja | |
FALSAFAH HIDUP
|
Tidak peduli dengan peraturan umum | Peduli dan memahami peraturan umum |
| Perilakunya mengacu pada kebiasaan tertentu yang diajarkan | Perilakunya mengacu pada landasan etika secara umum | |
| Perilaku dimotivasi untuk tercapainya kebahagiaan dan terwujudnya cita-cita | Perilaku berangkat dari rasa kewajiban |
Ahad 18 September 2016. 21.42
#ODOPfor99days
#day131

No comments:
Post a Comment